Menapak Jari di Koleksi Museum Negeri Jambi

0
758

Menapak Jari di Koleksi Museum Negeri Jambi – Seperti museu pada umumnya, Museum Negeri Jambi menyimpan bermacam-macam koleksi penting yang dimiliki provinsi tersebut. Koleksi yang terdapat di museum ini fokus pada sejarah yang dikumpulkan dari jaman purbakala, hasil seni budaya serta potensi yang dimiliki provinsi ini.

BANGUNAN DAN TATA RUANG

Bangunan Museum Negeri Jambi memiliki arsitektur bak rumah adat khas Jambi, yaitu Kajang Leko. Bangunan ini berdiri di tanah seluas 13.350 meter persegi serta luas bangunan sekitar 4.000 meter persegi. Bangunan yang memiliki dua lantai ini merupakan objek wisata yang sering dikunjungi oleh siswa dan mahasiswa Jambi. Lantai pertama merupakan ruangan lobi dan ruangan koleksi yang menyimpan koleksi Biologika, Geologika. Filologika, dan Arkeologika. Kemudian koleksi di ruangan kedua berupa Historika, Nurismatika dan Heraldika lalu ruangan lainnya menyimpan Keramologika.

Di lantai dua gedung ini menyimpan koleksi berupa etnografika yang memamerkan koleksi yang kental dengan budaya Jambi, seperti barang-barang dalam adat perkawinan dan pelaminan adat Jambi.

KOLEKSI

Biologika menyimpan koleksi flora dan fauna, juga fosil dari manusia. Arkeologika menyimpan peninggalan dari jaman prasejarah sampai masuknya budaya Barat. Arca Budha, artefak dan situs lainnya dapat Anda temukan disini. Filologika menyimpan naskah kuno serta kitab Al-Qur’an yang ditulis tangan. Peralatan berburu, bertani, menumbuk padi juga bisa Anda temukan di sini. Terdapat ruangan Historika yang berisi senjata peperangan khas Jambi sedangkan di Heraldika dan Nurismatika terdapat koleksi uang kuno dari berbagai masa. Yang terakhir adalah koleksi Keramologika yang bersi barang keramik dari Jambi serta tembikar kuno. Foto-foto, stupa, patung Budha dan diorama serta meriam VOC dan koleksi lainnya bisa ditemukan di pelataran.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Museum Negeri Jambi terletak di perempatan Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Prof.Sri Sudewi. Alamat lengkapnya ada di Jalan Urip Sumoharjo No.1 Jambi. Jaraknya dari bandara sekitar 7 km, sedangkan dari terminal kurang lebih 5 km. Dengan jarak yang lumayan dekat tersebut, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Namun, jika Anda dari terminal atau bandara, gunakan saja jasa angkutan umum dan ojek. Dengan ongkos sekitar Rp3.000-Rp10.000 Anda sudah bisa sampai di Museum Negeri Jambi.

TIKET MASUK

Untuk memasuki museum tersebut, Anda dikenai tiket masuk, yakni Rp3.000 untuk dewasa dan Rp1.000 untuk rombongan dan anak-anak.

JADWAL BUKA

Museum ini buka setiap hari Senin-Kamis mulai pukul 08.00-12.00 dan buka kembali pada 13.00-15.00. Untuk hari Jumat, museum ini buka mulai 07.15-11.00. Sedangkan untuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional tutup.

FASILITAS

Layaknya sebuah museum, di Museum Negeri Jambi ini terdapat fasilitas berupa ruang pameran tetap, ruang pameran temporer, auditorium, perpustakaan, laboratorium atau konservasi, ruang penyimpanan koleksi, bengkel atau preparasi, ruang administrasi dan juga toilet. Di museum ini, terdapat program Pameran Khusus, Pameran Keliling, Museum Keliling, Ceramah, Penelitian, Penerbitan dan Festival serta berbagai lomba.

Demikian sedikit ulasan dari Museum Negeri Jambi. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang bingung mencari destinasi wisata. Selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY