Menapaki Keindahan Candi Borobudur di Magelang – Situs keajaiban dunia ini memang sangat indah dan layak dikagumi. Sebab terdapat berbagai keunikan yang berupa bangunan candi serta reliefnya. Anda bisa mencatat makna-makna relief dalam mahakarya tersebut. Di Museum Samudera Raksa dan Museum Karmawibhangga, tersedia informasi lengkap tentang tempat ini.

SEJARAH

Candi  Borobodur ini dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada 824. Candi ini dibangun selama 75 tahun di bawah pimpinan arsitek Gunadarma dengan 60.000 meter kubik batuan vulkanik dari Sungai Progo dan Elo, yang berada tidak jauh dari candi. Pada awalnya Bhumi Sambhara Bhudhara atau Bukit himpunan kebajikan sepuluh tingkatan boddisattwa merupakan nama aslinya. Namun, sebagian lagi ada yang menyatakan bahwa namanya berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Vihara Buddha Uhr yaitu Biara Buddha di bukit.

Lembaga Internasional dari PBB, yaitu UNESCO telah mengakui candi tersebut sebagai salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Sejak abad ke-9 sampai awal abad ke-11, candi ini menjadi tempat ziarah umat Buddha dari India, China, Kamboja dan Tibet.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. Waktu tempuhnya hanya sekitar satu jam sati Yogyakarta. Untuk sampai ke sana, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum atau yang lebih mudah adalah bergabung tur dan menyewa bis atau mobil. Untuk pilihan yang kedua, Anda bisa menaiki angkot di sana, atau biasa disebut dengan ‘omprengan’. Ongkosnya cukup murah, yakni Rp3.000-Rp5.000.

Pilihan ketiga dan keempat jelas lebih mahal. Karena kalau bergabung dengan tur, Anda tidak hanya ke Candi Borobudur melainkan ke beberapa tempat wisata yang ada di sekitarnya juga. Untuk menyewa mobil atau motor, Anda akan dikenai biaya mulai Rp60.000 untuk motor dan Rp400.000 untuk mobil beserta bensin dan sopirnya.

KETAKJUBAN

Borobudur terletak di kota yang memiliki udara sejuk dan segar. Di sekelilingnya terdapat pepohonan besar. Candi tersebut berdiri dengan backgroung pegunungan Manoreh yang mengelilinginya. Candi tersebut merupakan candi Buddha terbesar dan termegah di dunia yang disusun dari 2 juta balok batu vulkanik yang dipahat sedemikian indahnya sehingga saling mengunci satu sama lain. Dengan luas 123×123 m2 dan memiliki 504 patung Buddha, 7 stupa terawang dan 1 stupa induk. Arsitekturnya bergaya Gupta yang mencerminkan pengaruh India. Terdapat pula 2672 panel relief yang bila disusun berjajar maka panjangnya kurang lebih 6 km. Ansambel relief tersebut adalah yang paling lengkap dan memiliki nilai seni yang tinggi di dunia.

Candi Borobudur menjadi salah satu peninggalan sejarah yang paling penting dalam perkembangan peradaban manusia. Kemegahan dan mahakarya yang dihasilkan merupakan harta paling berharga yang seharusnya dibanggakan orang Indonesia.

YANG UNIK DAN MENARIK

Pemandangan Bukit Manoreh di selatan akan menjamu Anda dengan keindahannya. Kalau Anda melihatnya dengan seksama, akan tampak garis-garis kontur di bukit yang bak orang sedang tidur seolah Borobudur tegak berdiri di samping orang tidur tersebut. Candi ini sendiri memiliki 100 talang air dengan bentuk makara atau patung ikan berkepala gajah sebagai saluran air juga menambah keindahan candi. Dulu, air hujan yang mengalir dari makara seperti air mancur.

Satu lagi yang menarik yaitu jika Anda sudah sampai di bagian atas. Terdapat ruang kosong yang menjadi simbol kesempurnaan. Pemandangan gunung dan hembusan angin segar memanjakan Anda. Ada kepercayaan masyarakat lokat yang menyebutkan bahwa kalau Anda berada di puncak dan memiliki keinginan sungguh-sungguh, kemudian tangan Anda menjangkau dan menyentuh sosok Sang Buddha di dalamnya, maka permintaan Anda akan terwujud.

FASILITAS

Terdapat fasilitas yang umumnya ada di objek wisata, yaitu toilet atau kamar mandi. Anda juga bisa menyaksikan festival Waisak yang diselenggarakan pada bulan Mei saat purnama. Banyak pengunjung yang datang untuk merayakan kelahiran, kematian dan pencerahan Buddha. Sewa saja pemandu wisata resmi yang sudah berpengalaman. Harganya mulai dari Rp50.000. Ada pula persewaan kendaraan untuk berkeliling Borobudur, seperti kereta kelinci, andong, sepeda onthel, dan lain sebagainya mulai dari Rp5.000-Rp40.000,-.

Kala Anda sudah selesai berwisata, para pedagang souvenir sudah menunggu Anda. Hiasan patung, replika candi Borobudur, kaos, tas batik, pernak-pernik dan lain-lain. Harganya bervariasi, tinggal bagaimana Anda menawarnya. Mulai dari Rp5.000.

Itulah referensi dari Candi Borobudur. Semoga Anda terhibur dan selamat berlibur. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY