Menapaki Tangga Sejarah Benteng Otanaha

0
835

Menapaki Tangga Sejarah Benteng Otanaha – Benteng Otanaha merupakan sebuah benteng peninggalan sejaarah yang terletak di Kota Gorontalo. Benteng ini dibangun pada abad ke-15 dan merupakan saksi sejarah masa lampau yang masih kokoh berdiri di atas bukit. Pemandangan yang diciptakan selain dari benteng tersebut adalah dari sekitar bukit yang menawan.

SEJARAH

Benteng Otanaha merupakan benteng bersejarah yang di baliknya terdapat kisah heroik warga Gorontalo pada abad pertengahan. Benteng ini memiliki kisah panjang tentang kejayaan Gorontalo, dimulai dari pada saat kedatangan Portugis sekitar abad ke-15 silam. Kemudian pertempuran dua kerajaan bersaudara, yaitu Gorontalo dan Limboto. Sampai kisah pendangkalan Danau Limboto yang sekarang menjadi ancaman serius mengenai berbagai masalah lingkungan. Kedua tempat tersebut, yakni Gorontalo dan Limboto disinyalit merupakan genangan air yang terhubung pada awalnya. Hal tersebut menjadikan tempat ini menjadi kawasan bersandarnya kapal-kapal.

PEMANDANGAN SEKITAR

Pemandangan Benteng Otanaha

Anda dapat melihat betapa pemandangan yang disuguhkan objek wisata tersebut sangat indah. Bagaimana tidak, sebab benteng ini dikelilingi rimbunnya pepohonan yang menghijau serta perbukitan. Meskipun benteng Otanaha sudah terlihat kusam akibat dimakan usia, namun letaknya yang berada di atas bukit dengan pemandangan yang telah disebutkan di atas, memberikan keistimewaan tersendiri. Di atas, Anda juga dapat melihat hamparan pemandangan dari berbagai arah yang sangat mengesankan. Mulai dari bentangan keindahan danau Limboto, perbukitan hijau yang disapu sinar matahari, awan-awan yang terlihat sangat dekat, panorama persawahan yang terbentang luas serta keindahan kota Gorontalo dari atas.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Benteng Otanaha terletak di Kelurahan Dembe I, Kota Barat, Gorontalo. Benteng ini tidak terlalu juah dari Danau Limboto. Jaraknya dari Bandar Jalaludin Isimu tidak terlalu jauh, yaitu 20 km. Sedangkan dari kota Gorontalo sendiri jaraknya hanya 8 km. Untuk bisa mencapai lokasi, Anda dapat menyewa kendaraan, seperti mobil, motor, atau jika ingin lebih praktis naik ojek dan becak motor saja. Karena angkutan umum tidak tersedia di daerah ini. Perjalanan Anda akan memakan waktu 20-30 menit. Ongkos untuk ojek dan becak motor sekitar Rp10.000-Rp30.000,-.

PETUNJUK

Anda akan melewati Jalan Trans Batudaa kemudian wilayah Kecamatan Bongomeme, lalu Kecamatan Batudaa. Setelah Anda memasuki Kelurahan Dembe I, yang merupakan perbatasan Kabupaten dan Kota Gorontalo, di kanan jalan Anda akan melihat pintu gerbang dengan tulisan “Benteng Otanaha”.

PERJALANAN MENUJU PUNCAK

Karena letaknya yang berada di puncak, setiap pengunjung dapat mencapainya dengan melalui 4 buah persinggahan serta 348 buah anak tangga. Tak usah merasa kecewa karena banyaknya anak tangga tersebut, karena setiap Anda menapaki tangga, pemandangan yang tercipta semakin nyata di hadapan Anda.

Selesai sudah info wisata dari Benteng Otanaha. Semoga berikutnya, ketika Anda kesana, tidak tersesat, ya! Nyalakan saja GPSnya bagi yang naik kendaraan pribadi. Selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY