Mencari Ketenangan di Danau Lut Tawar

0
545

Mencari Ketenangan di Danau Lut Tawar – Sudah pernah ke tempat ini? Danau ini terletak di Aceh Tengah, tepatnya di dataran tinggi Gayo. Danau tersebut juga merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi. Beberapa cerita dan asal usul menarik dari danau tersebut menjadikannya sebagai daya tarik.

ASAL USUL

Danau Lut Tawar atau Danau Laut Tawar adalah danau terluas di Aceh. Itulah sebabnya dinamakan Laut Tawar. Luasnya yang seperti laut dan airnya yang tawar atau tidak asin. Perairan dan dataran ini memberi sumber kehidupan bagi masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar dataran tinggi Gayo.

DESKRIPSI

Danau Lut Tawar merupakan objek wisata yang ada di Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah. Luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Masyarakat Gayo biasa menyebut danau ini sebagai Danau Laut Tawar. Sebenarnya sama saja jika didengar dari pengucapan beberapa orang.

PEMANDANGAN ALAM

Danau ini menjadi danau kebanggaan masyarakat Aceh, terutama Aceh Tengah. Objek wisata ini merupakan yang favorit dan sering dikunjungi oleh wisatawan baik yang dari dalam negeri maupun luar negeri. Sumber air yang ada di sana tidak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, namun juga oleh beberapa kabupaten lainnya. Objek wisata yang merupakan danau terluas di provinsi Aceh ini memiliki pemandangan alam yang indahnya tak terkatakan. Terdapat dua bukit yang mengapitnya dan semakin memperlihatkan keindahan danau yang ada. Terdapat flora dan fauna, seperti ikan depik yang terkenal dan merupakan spesies ikan yang hanya ada di tempat tersebut.

KEGIATAN

Di danau tersebut Anda dapat melihat pemandangan alam yang tidak selalu Anda jumpai di perkotaan. Anda juga bisa melihat penduduk bercocok tanam serta memancing. Bersantai adalah hal yang memberi ketenangan bagi Anda di tempat ini. Namun, kalau Anda lebih suka berjalan-jalan, sewa saja kapal motor yang ada untuk mengelilingi danau bersama keluarga. Nikmati sensasi wisata tersebut yang hanya ada di danau Lut Tawar.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Danau Lut Tawar merupakan objek wisata yang ada di Takengon. Untuk menuju ke Takengon, Anda bisa berangkat dari Bireuen yang merupakan salah satu kota yang ada di Aceh. Terdapat terminal kecil yang merupakan tempat mangkal elf khusus ke Takengon. Perjalanan yang Anda tempuh sekitar 5-6 jam dengan biaya Rp30.000-Rp50.000,-. Selain dari Bireuen, Anda dapat berangkat dari Kutacane dan Blang Kejeren.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Jika Anda ingin mengelilingi Danau Lut Tawar, Anda dapat menyewa kapal motor dengan tarif sekitar Rp30.000-Rp70.000. Anda juga akan menemukan beberapa penginapan di daerah tersebut jika berniat menginap.

Sudah memastikan akan berlibur kemana? Silahkan saja datang ke Danau Laut Tawar dan menikmati hidangan yang tersaji di alamnya yang alami. Selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY