Mencicipi Keindahan Goa Pindul di Yogyakarta

0
573

Mencicipi Keindahan Goa Pindul di Yogyakarta – Goa Pindul merupakan objek wisata yang terkenal di Bejiharjo. Dengan pemandangan yang menawan, sejarah yang unik serta air yang jernih untuk melakukan kegiatan seperti Cave Tubing. Nikmati perjalanan Anda di lokasi wisata bersama keluarga serta teman-teman untuk merasakan sensasi tersendiri.

SEJARAH

Terdapat dua versi legenda masyarakat yang menjelaskan sejarah Goa Pindul ini. Yang pertama menjelaskan bahwa dulu ada seorang pemuda bernama Joko Singlunglung yang melakukan perjalanan mencari ayahnya yang sangat berat dan penuh rintangan. Suatu saat ia menelusuri goa dan terbentur batu besar di dalamnya. Goa inilah yang sekarang dinamakan Goa Pindul atau dalam bahasa Jawa berarti pipi gebendul (terbentur).

Versi keduanya mengisahkan perjalanan Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan untuk membunuh putri Panembahan Senopati, yaitu Mangir Wonoboyo. Karena tidak tega membunuh bayi mtersebut, mereka pergi ke Gunungkidul dan tiba di Karangmojo. Saat ditidurkan di tikar yang digelar, bayi tersebut menangis. Kemudian mereka memutuskan untuk memandikannya. Ki Juru Mertani naik ke atas bukit dan menginjaknya dengan kesaktiannya sehingga terbentuklah lubang besar yang di dalamnya terdapat aliran air. Saat dibawa turun untuk dimandikan, pipi sang bayi terbentur dan itulah yang menyebabkannya dinamakan Goa Pindul.

KEINDAHAN GOA PINDUL

Goa ini memiliki panjang sejauh 350 meter dengan lebar 5-6 meter. Kedalaman airnya mencapai 6-7 meter sedangkan jarak permukaan air dengan langit-langit goa 4-5 meter. Air yang mengalir di goa tersebut begitu bergih dan jernih. Sumber mata airnya dari Gedong Tujuh. Dengan keindahan yang menawan tersebut, objek wisata ini menawarkan Cave Tubing yaitu kegiatan yang terkenal dan dilakukan selama 45-60 menit. Kegiatan tersebut menyusuri goa menggunakan ban pelampung serta jaket dan sepatu yang disediakan pengelola serta bertujuan untuk mengeksplorasi pesona di dalamnya. Kali Oya yang merupakan paket Cave Tubing Pindul dengan kisaran harga Rp25.000-Rp35.000 per orang. Fasilitasnya sendiri berupa ban dan sepatu karet, jaket pelampung, head lamp serta pemandu wisata. Lihatlah keindahan stalaktit dan stalagmit yang menawan di dalamnya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Goa Pindul terletak di Padukuhan Gelaran, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Dari Yogyakarta, Anda dapat menempuh 60 km perjalanan. Untuk menuju ke sana, aksesnya sudah cukup mudah. Dengan adanya papan penunjuk jalan, Anda akan diarahkan untuk sampai ke lokasi. Anda bisa memilih dua alternatif, yaitu kendaraan pribadi atau transportasi umum. Pilihan pertama dapat Anda tempuh dengan rute Yogyakarta-Piyungan-Patuk-Perempatan Sambipitu-Hutan Bunder-LANUD TNI AU Gading-Wonosari Kota-Sinyono-Bunderan Sinyono-Ringroad Piyaman-RS PKU-Perempatan Badegan-Pertigaan Grogol dan ikuti jalan sampai menemukan tulisan ‘Selamat Datang di Desa Wisata Bejiharjo’.

Jika Anda naik angkutan umum, perjalanan mungkin sedikit sulit karena angkutan menuju objek wisata tersebut sangat terbatas. Dari Yogyakarta, Anda dapat mengambil bus jurusan Jogja-Wonosari dan turun di Wonosari kota atau pertigaan Grogo. Kemudian dengan ojek atau angkutan menuju Beringharjo. Total tarifnya sekitar Rp10.000-Rp30.000.

AKOMODASI

Anda dapat menginap di sekitar Bejiharjo, yaitu penginapan yang berupa guesthouse seperti Orlinds Loji dan Kampoeng Baron Guesthouse. Untuk tarifnya mulai dari Rp50.000-Rp200.000 saja.

Demikianlah info wisata dari Goa Pindul. Semoga membantu Anda mengunjunginya bersama keluarga. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY