Mendalami Budaya Suku Dayak Kenyah di Taman Budaya Pampang 

0
732

Mendalami Suku Dayak Kenyah di Taman Budaya Pampang – Taman ini merupakan sebuah situs budaya yang patut untuk dikunjungi saat Anda melancong ke Kalimantan Timur. Di desa Pampang, terdapat kurang lebih 800 anggota masyarakat yang tinggal. Pampang sendiri merupakan taman budaya yang menarik, dimana Anda dapat memahami kehidupan suku Dayak Kenyah dan kesenian menarik yang dihadirkannya. Silahkan membaca kelanjutan artikel ini untuk lebih mengetahui referensinya.

SEJARAH

Suku Dayak Kenyah tinggal di daerah ini setelah bermigrasi pada tahun 1967 dari kampung halaman mereka yang ada di Apokayan, Malinau, Kalimantan Timur. Mereka meninggalkan kampung halaman aslit mereka untuk tinggal di daerah perkotaan, sehingga bisa mendapatkan pendidikan dan mudah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

WISATA

Jika Anda datang kesini, lebih baik memilih hari Minggu sekitar pukul 14.00-15.00. Karena di hari tersebut akan diadakan pentas kesenian Dayak Kenyah yang sangat menarik. Kalau Anda datang pada hari biasa, Anda hanya akan menemukan para masyarakat sibuk dengan kegiatan masing-masing. Pertunjukan tersebut berupa tarian menarik yang dilakukan oleh anak-anak remaja dan orang dewasa dalam Lamin atau rumah adat suku Dayak.

Biasanya mereka melakukan 8 tarian dalam satu pertunjukan, seperti tari nyelamai Sakai, ajay, enggang terbang dan berburu. Setelah melihat pertunjukkan tersebut, Anda bisa berfoto dengan anak-anak atau remaja dengan pakaian tradisional mereka. Anda juga bisa pergi ke dekat teater Rumah Lamin, yaitu galeri batik yang menjual berbagai jenis batik Kalimantan.

TIKET DAN SOUVENIR

Kalau Anda memasuki Taman Budaya Pampang, Anda akan dikenai biaya tiket sebesar Rp5.000/orang. Lumayan murah untuk bisa menikmati pentas budaya dan kesenian mereka. Jika Anda ingin membeli souvenir, silahkan datang satu jam sebelum pertunjukan dimulai. Masyarakat Dayak Kenyah biasa membuka toko mereka mulai pukul 10.00. Setelah pertunjukkan mereka biasanya sudah menutup kios. Cinderamata yang mereka jual berupa hasil karya masyarakat tersebut, yaitu kalung, gelang, topi, ikat pinggang, pakaian tradisional dan masih banyak lagi aksesoris yang sebagian besar terbuat dari manik-manik dan bambu.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Untuk menuju ke Kalimantan Timur, Anda bisa berangkat dari Balikpapan dengan menggunakan pesawat dari Bandara Sepinggan di Jalan Marsma Iswahyudi menggunakan rute Balikpapan-Samarinda. Taman Budaya Pampang ini terletak di Desa Pampang, Sungai Siring, Samarinda Utara. Jaraknya dari Samarinda sekitar 25 km dan bisa ditempuh selama setengah jam. Kalau Anda menggunakan kendaraan umum, silahkan berangkat dari Pasar Segiri-Sungai Sering di terminal Lempake, Samarinda.

Di tempat wisata ini tidak ada penjual makanan yang berkeliaran. Oleh karena itu, selama pertunjukkan berlangsung Anda bisa memakan bekal bawaan Anda. Jadi, sebelumnya silahkan menyiapkannya dari rumah atau hotel yang Anda inapi, ya! Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY