Mendatangi Benteng Marlborough Bengkulu

0
948

Mendatangi Benteng Marlborough Bengkulu – Benteng ini merupakan peninggalan Inggris di Bengkulu yang didirikan oleh East India Company (EIC) di bawah pimpinan Joseph Callet. Benteng yang disebut-sebut terkuat kedua di wilayah timur ini sekarang dijadikan objek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mengingat sejarahnya yang sangat tinggi nilainya.

SEJARAH

Benteng ini dibangun pada 1713-1719 dan disebut-sebut sebagai pertahanan paling kuat kedua yang dimiliki tentara Inggris di wilayah timus, setelah Benteng St. George di India. Benteng ini juga menjadi salah satu bukti bahwa Inggris pernah berkuasa disini. Dulunya selain dijadikan benteng pertahanan, tempat ini juga digunakan sebagai penyimpanan dan perdagangan rempah-rempah di wilayah timur Indonesia.

KEINDAHAN

Benteng ini memiliki arsitek tipe abad ke-18 dan berbentuk kura-kura. Lokasinya yang berada di pusat kota dan berbatasan dengan Perkampungan China tersebut memiliki jembatan yang menghubungkan bagian ujung dan pusat, serta jembatan di atas parit yang membentuk ekos dan menghubungkan jalan masuk wisata. Dulu, jembatan tersebut bisa dinaik-turunkan dan Anda pun bisa melihat batas dinding terluar berupa parit-parit. Di dalam bangunan tersebut terdapat gudang persenjataan, ruang tahanan, ruang perlindungan, terowongan sepanjang 6 meter. Di belakangnya terdapat 3 makam, Thomas Parr, Charles Muray dan satu makam yang tidak dikenal. Prasasti nisan di makam tersebut bertuliskan nama, tanggal dan tahun kematian para tentara Inggris di tempat itu.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Selain Anda bisa melihat ruangan dalam benteng yang menawan, Anda pun dapat mampir ke Pantai Zakat dan Tapak Paderi karena memang lokasinya berdekatan. Bila Anda ingin menginap pun juga terdapat penginapan berupa Hotel Rio Asri yang tidak jauh dari tugu square.

KEGIATAN

Anda dapat menjelajahi ruangan yang ada dalam benteng. Karena terdapat pula peninggalan-peninggalan pada jaman tempat itu dihuni tentara Inggris, Anda dapat melihat dan membaca peninggalan sejarah tersebut untuk menambah pengetahuan Anda.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Benteng Marlborough terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bengkulu. Untuk menuju ke lokasi tersebut Anda dapat menggunakan beberapa kendaraan, seperti kendaraan pribadi, umum, dan lain sebagainya. Dari bandara Anda bisa menggunakan angkot putih menuju terminal Panorama, kemudian naik angkot lagi yang berwarna hijau dan turun di Jalan Soeprapto baru kemudian menggunakan angkot kuning menuju ke lokasi. Ongkosnya kira-kira Rp5.000-Rp7.000 saja. Lumayan lama juga, ya kalau menggunakan angkot. Pilihan lain dengan bus jurusan Terminal Bengkulu-Alun-alun dan turun di depan tempat wisata ini. Ongkosnya hampir sama dengan naik angkot. Silahkan dipilih mana yang paling disukai untuk transportasinya.

Objek wisata sejarah memang wajib dikunjungi agar warga Indonesia, termasuk Anda, mengenal arti dari semua yang pernah terjadi di negeri ini. Salam ransel dan selamat berlibur.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY