Mengagumi Metropolitan Dari Puncak Ketinggian Monas

0
622

Mengagumi Metropolitan Dari Puncak Ketinggian Monas – Hal pertama yang diingat masyarakat ketika menyebut kota Jakarta, pastilah Monas. Monumen ini memang menjadi ikon serta kenangan sejarah perjuangan rakyat Indonesia dalam memerdekakan bangsanya. Monumen yang memiliki tinggi 132 meter berbentuk obelisk. Dengan bagian puncak yang bak lidah api memberikan kesan tersendiri.

SEJARAH

Monas didirikan pada tahun 1959, namun baru diresmikan pada 17 Agustus 1961. Monumen ini dirancang oleh Friederich Silaban yang memenangkan sayembara dan dinilai langsung oleh Ir.Soekarno. Beliau yang memang seorang arsitek, kemudian mengalihkan konsep pembangunan pada awal pendiriannya dengan melibatkan Soedarsono dengan konsultan Ir.Rooseno. Namun, pembangunan tersebut terkendala, mengingat ambisi Bung Karno yang juga ingin membangun Masjid Istiqlal.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Monas terletak di Jalan Kebon Sirih No.22 Blok H Lt.IX No.53 Jakarta Pusat Telp.021-3823041. Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa menggunakan berbagai macam transportasi, mulai dari KRL Jabotabek, Bus Transjakarta, atau kendaraan pribadi Anda. Untuk pilihan pertama, Anda bisa berhenti di Stasiun Gambir untuk kemudian melakukan perjalanan dengan menggunakan ojek atau transportasi lain yang tersedia. Ongkosnya sekitar Rp5.000-Rp7.000. Sedangkan jika Anda menggunakan pilihan yang terakhir, tersedia parkir khusus IRTI dengan akses masuk di pintu masuks ekitar patung Pangeran Diponegoro atau pelataran bagian utara.

TIKET MASUK DAN JAM BUKA

Tiket untuk dewasa sekitar Rp20.000 dan untuk anak-anak Rp10.000. Anda bisa membeli tiket ini di pintu sebelah utara Monas. Tiket lift untuk masuk ke pelataran puncaknya beda lagi, yaitu sekitar Rp7.500 untuk dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak. Jam bukanya sendiri mulai pukul 09.00-16.00.

KEGIATAN

Ketika Anda berkunjung ke Monas, sudah sewajarnya jika Anda ingin menuju puncak monumennya. Namun, sebelum menuju ke puncak, Anda akan disuguhi 51 diorama yang dikenal sebagai Museum Sejarah Nasional Indonesia yang menghadirkan sejarah Indonesia dari masa prasejarah hingga orde baru. Terdapat ruang kemerdekaan di dalam cawannya yang di dalamnya terdapat pula Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia asli dalam kotak kaca. Lambang negara, peta kepulauan Indonesia berlapis emas, dan bendera merah putih juga akan menyambut Anda. Ketika Anda sudah sampai di puncaknya, silahkan melihat pemandangan kota Jakarta dari segala sudut melalui teropong yang tersedia. Lebih tepat jika Anda naik di puncaknya di kala senja untuk melihat sunsetnya berpadu dengan pemandangan Gunung Salak serta Kepulauan Seribu.

Ketika Anda sudah keluar, berkelilinglah di sekitarnya untuk melihat air mancur yang meliuk-liuk sesuai alunan musik, rusa-rusa di antara pepohonan rindang, taman refleksi berupa batu-batuan untuk pijat kaki Anda.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Di sekitar Monas terdapat penjual makanan dan minuman jika Anda kelaparan sewaktu-waktu. Yang lebih menarik lagi, kadang setiap pagi terdapat sekumpulan orang yang melakukan olahraga, seperti senam, futsal, basket karena di dalamnya terdapat fasilitas yang menunjang aktifitas tersebut. Untuk akomodasinya sendiri, tersedia hotel dengan fasilitas dan tarif menarik seperti Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah di Jalan Pondok Gede Komplek Taman Mini Indonesia Indah, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur Telp.021-8400270.

Silahkan berkunjung ke Monas untuk membuktikan bahwa Anda telah sampai di Jakarta. Selamat berlibur dan sampai jumpa. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY