Mengenalkan Satwa Pada Anak di Taman Margasatwa Ragunan

0
599
The gate of Ragunan Zoo, South Jakarta. The gate design took cue from traditional Java-Bali split gate Candi Bentar, however the gate took form of two large bird facing eachother. The front of the gate is tha statue of Orangutan, one of the most important primate species in Indonesia.

Mengenalkan Satwa Pada Anak di Taman Margasatwa Ragunan – Ragunan merupakan hutan tropis mini di ibukota. Kebun binatang modern yang ada di dalamnya menjadi tempat tinggal lebih dari 2.000 ekor binatang yang terbalut oleh 50.000 rimbunan pohon serta ekologi yang lengkap. Tempat ini merupakan sumber pengetahuan tentang alam liar yang masih tersisa di ibukota Indonesia tersebut.

TAMAN MARGASATWA RAGUNAN

Taman ini merupakan kebun binatang pertama di Indonesia yang didirikan pada 1864 di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Namun, pada 1969, kebun binatang ini dipindahkan ke kawasan Ragunan. Lahan di taman ini dibangun dengan nilai konservasi tinggi serta tertata dengan apik. Koleksi binatang di dalamnya pun lengkap, mulai dari ular, bermacam unggar, beruang madu, gajah, kudanil, buaya, singa, harimau dan lain sebagainya. Di Pusat Primata Schmutzer, Anda dan keluarga bisa menyaksikan hewan primata, seperti simpanse, gorila, kera putih dan siamang.

Terdapat Children Zoo yang dibuat khusus untuk anak-anak yang ingin mengenal dan belajar tentang satwa jinak, seperti burung kakaktua, rusa, kuda, serta ikan-ikan di akuarium raksasa. Tempat bermain untuk anak-anak pun juga tersedia di kebun binatang ini, juga danau dengan pulau buatan, perpustakaan satwa yang memiliki koleksi buku tentang dunia hewan dan sebagainya.

KEGIATAN

Karena tempat ini merupakan tempat satwa tinggal, Anda dapat berkeliling untuk melihat mereka hidup bersama sekelompoknya, berjalan-jalan dan tidur sambil menggeliat lucu. Anda pun bisa berfoto ria bersama satwa tersebut. Mencoba mengakrabkan diri dengan binatang? Cobalah untuk menunggangi beberapa hewan, seperti unta, kuda poni, dan gajah. Jangan khawatir, karena hewan tersebut jinak dan ada pemandu yang akan menemani Anda.

Di pentas satwa, terdapat pertunjukan interaksi para satwa. Lihatlah betapa cerdasnya burung kakaktua bermain gelang warna-warni dan juga beruang yang mahir naik sepeda. Pentas satwa ini dibuka pada pukul 10.00-15.00. Pemberian makan ternak oleh perawat hewan di jam-jam tertentu merupakan pemandangan menarik bagi anak. Misalkan saja, gorila pada pukul, 09.00/12.00/14.30/15.00, Orangutan pada pukul 09.00 dan 13.00. Juga jerapah dan komodo pada pukul 10.00 dan 14.00.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Jika Anda kelaparan dan kehabisan bekal pada waktu berwisata, sempatkan untuk datang ke berbagai rumah makan yang ada di sekitarnya. Rumah makan tersebut menjual beraneka makanan, seperti soto, sup, nasi pecel dan masih banyak lagi. Beberapa fasilitas lain, seperti toilet dan bangku santai juga terdapat di taman ini. Yang menarik adalah fasilitas kereta dan sewa sepeda perjam untuk mengelilingi taman satwa tersebut dengan tarif mulai dari Rp10.000,-.

Kalau Anda ingin menginap, silahkan menuju ke Hotel Graha Wisata Ragunan di Jalan Harsono RM, Komplek Gor Jayaraya Ragunan, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12550 Telp.021-7806540. Di sana tersedia kamar dengan fasilitas menarik dan harga terjangkau.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Taman Margasatwa Ragunan terletak di Jalan Harsono Rm, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Untuk menuju ke lokasi, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Pilihan yang pertama bisa Anda lakukan dari arah Mampang, kemudian melanjutkan perjalanan lurus ke selatan sampai bertemu pintu masuk taman tersebut. Jika dari Depok, lewati Jalan Srengseng Sawah-Jalan Moh. Kahfi-Pintu belakang Ragunan. Alternatif kedua bisa Anda pilih dengan menggunakan Bus Transjakarta koridor 6 dengan rute Kuningan-Ragunan dan ongkos sekitar Rp3.000-Rp6.000.

Demikianlah referensi mengenai Taman Margasatwa Ragunan yang dapat Anda gunakan untuk pedoman mengunjungi tempat wisata tersebut. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY