Mengenang Peristiwa 2004 Lalu di Museum Tsunami Aceh

0
541

Mengenang Peristiwa 2004 Lalu di Museum Tsunami Aceh – Museum Tsunami Aceh diresmikan pada tahun 2008 untuk mengenang gempa bumi yang mengakibatkan bencana tersebut di tahun 2004. Selain itu, tujuan dibangunnya museum ini juga sebagai pusat pendidikan serta evakuasi jika bencana tersebut datang kembali. Saat itu, korban yang jatuh oleh bencana ini sekitar 120 ribu orang. Museum ini mengingatkan betapa pedihnya peristiwa yang terjadi dan betapa besarnya kekuasaan Tuhan untuk membalikkan sesuatu.

WISATA

Ketika Anda melihat museum ini, gaya bangunannya menggabungkan rumoh Aceh bertipe panggung dengan konsep escape building hill berupa bukit untuk evakuasi tsunami. Di dalamnya dapat Anda temukan nilai tari Saman, cahaya dari lafaz Allah dan lorong sempit dengan air terjun yang mengeluarkan suara gemuruh seakan mengingatkan pada gelombang tsunami. Anda bisa merasakan seperti mendengar orang minta tolong ketika melewati lorong itu. Bahkan banyak pengunjung yang menangis karena merasakan betapa mirisnya keadaan saat itu. Ada pula foto-foto korban dan kisah korban yang selamat. Ada juga artefak, diorama, ruang 4D dan ruang pembelajaran di lantai 2.

KELILING DAN BELANJA

Ketika Anda sudah berkeliling di dalamnya, Anda akan menemukan berbagai hal dan pelajaran yang menarik. Seperti di lorong tadi, di ruang pembelajaran, dan artefak tsunami. Memberi banyak pelajaran betapa besarnya kekuasaan-Nya. Selain itu, jika Anda ingin berbelanja, silahkan ke lantai 2 untuk membeli souvenir di souvenir shop. Dengan harga yang bervariasi, Anda sudah bisa membawa pulang berbagai pernak-pernik untuk oleh-oleh. Kalau Anda ingin berjalan-jalan di Banda Aceh, bisa mampir ke warung kopi Aceh yang sangat terkenal dan khas.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Museum Tsunami Aceh berlokasi di Jalan Iskandar Muda. Museum ini buka setiap hari, kecuali Jum’at. Buka dari pukul 10.00-12.00 dan 15.00-17.00. Untuk masuk museum, Anda tidak dipungut biaya apapun kecuali untuk menyaksikan tayangan 4D. Untuk menuju kesana, Anda dapat menaiki ojek, becak motor, atau labi-labi dengan tarif Rp3.000-Rp7.000,-. Lokasinya di seberang Lapangan Blang Padang, dekat dengan pemakaman kuburan Belanda.

HOTEL

Hotel yang ada di sekitar kota Banda Aceh dan dapat ditemukan dengan segera adalah Grand Nanggroe HotelJl.T.Imun Lueng Bata Telp. 0651-35779/0651-35778. Pada HotelJl.Soekarno Hatta No.1 Daroy Kameu Telp.0651-49999/ 0651-46999. Tarif hotel standar, Rp350.000-di atas Rp1.000.000,-. Namun, Anda bebas memilih penginapan yang sesuai dengan keinginan Anda dan dapat membuat Anda nyaman. Selain itu pertimbangkan fasilitas yang memang Anda perlukan.

Kunjungan Anda ke Museum Tsunami Aceh ini tidak akan membuat Anda menyesal. Karena bangunan ini didesain dengan konsep memimesis kapal dan dari luar terlihat seperti cerobong yang unik. Sangat menarik jika Anda memotretnya dari dekat maupun dari jauh. Selain itu, museum ini juga sarat dengan nilai kearifan lokal. Dijamin, liburan Anda disini akan memberi banyak pelajaran dan menambah kesenangan di akhir pekan Anda. Selamat berlibur dan merencanakan liburan Anda berikutnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY