Mengingat Sejarah Tugu Cot Plieng

0
509

Mengingat Sejarah Tugu Cot Plieng – Tengku Abdul Jalil Cot Plieng adalah seorang pahlawan dari Aceh Utara yang berjuang melawan Jepang dalam perjuangan Fisabilillah. Beliau merupakan ulama dan pejuang yang mempertahankan agama dan tanah air dari cengkeraman penjajah. Bahkan beliau tidak mau tunduk terhadap perintah dan penjajahan Jepang. Dalam pertempuran tersebut, Tgk Abdul Jalil syahid terkena granat bersama pengikut-pengikutnya. Pengikut tersebut dikebumikan di pekarangan Meunasah, sedangkan jenazah Tengku Abdul Jalil sendiri dibawa Jepang untuk diserahkan kepada keluarganya di Bayu untuk dikebumikan di sana. Untuk menghormati perjuangan beliau, dibangunlah tugu yang berada di Desa Cot Plieng dengan nama Tugu Cot Plieng.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Tugu Cot Plieng ini berlokasi di Desa Cot Plieng, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara. Jaraknya sekitar 10 km sebelah timur Lhokseumawe. Untuk menuju ke lokasi, Anda dapat menggunakan jasa ojek, becak motor maupun angkutan umum dengan tarif Rp5.000-Rp10.000,-. Bisa pula menggunakan kendaraan pribadi roda empat ataupun roda dua.

MENGENANG KEMBALI

Tugu Cot Plieng adalah bangunan yang dibangun untuk mengingat perjuangan Tgk. Abdul Jalil. Bangunannya tidak terlalu besar, namun bisa menjadi latar belakang untuk Anda berfoto. Bentuknya yang unik dan menarik membuat wisatawan berkunjung ke tempat tersebut. Apalagi dengan adanya pemandu yang tahu betul tentang sejarah Tgk. Abdul Jalil, akan menambah wawasan sejarah pula bagi Anda. Karena bagaimanapun, ilmu sejarah itu harus dipahami dan diresapi, kalau sampai salah mengambil pelajaran dari sejarah itu, akibatnya juga akan salah pada inti wawasan yang Anda dapatkan.

BERKELILING KOTA

Karena letaknya yang dekat dengan Lhokseumawe, Anda dapat berkeliling kota dengan becak motor agar memudahkan untuk melihat jalanan sekeliling kota. Dengan tarif sekitar Rp10.000-Rp20.000, Anda sudah bisa merasakan jalanan di Lhokseumawe yang tidak terlalu padat seperti di Jakarta. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berupa makanan dan pernak-pernik khas Aceh. Dan juga, berfoto ria di kota tersebut.

HOTEL DAN AKOMODASI

Setelah lelah berwisata sejarah di Lhokseumawe, Anda bisa menginap di hotel yang sudah tersedia di kota tersebut. Contohnya saja, Hotel Matang Raya di Keude Matang Glp Dua, Peusangan Bireuen Regency, Aceh 24261 Telp.0823-8855-5427. Dengan tarif yang lumayan murah, Anda sudah bisa merasakan fasilitas yang menarik dari hotel tempat menginap Anda tersebut.

Sejarah bukan untuk dilupakan, namun untuk diingat ketika Anda mengalami sesuatu yang dinamakan ‘terpuruk’. Belajar dari sejarah adalah jurus yang paling ampuh untuk membuat Anda bangkit. Maka dari itu, pelajarilah semua yang Anda bisa. Jangan lupakan bagaimana bangsa ini bangun kembali melawan para penjajah. Ingatlah pengorbanan mereka, seperti Anda yang berkorban untuk hidup Anda. Selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY