Mengunjungi Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

0
571

Mengunjungi Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu – Danau ini merupakan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Letaknya yang dikelilingi perbukitan hijau memang sangat indah dan juga menjadikan tempat itu sebagai kawasan cagar alam dengan berbagai potensi ekologi serta keseimbangan ekosistem yang baik. Dengan ditawarkannya keindahan alam yang mempesona, sangat keterlaluan jika Anda tak mengunjunginya.

ASAL USUL

Dibaca dari namanya saja sudah unik, apalagi dengan kisah yang terjadi di balik nama tersebut. Menurut cerita, konon ada pemuda yang menjalin cinta dengan seorang gadis. Keduanya saling mencintai dan ingin melanjutkan ke jenjang perkawinan. Seperti cerita yang sering terjadi, orang tua si pemuda tidak setuju dengan pilihan anak lelakinya dan akhirnya lebih memilih menjodohkannya dengan anak seorang kepala desa. Awalnya si pemuda tidak setuju, namun melihat bahwa gadis tersebut memiliki paras yang cantik, ia mulai jatuh hati. Keputusannya ini tentunya membuat si gadis kekasihnya sedih. Pada pernikahannya, pasangan ini diarak keliling desa. Dendam si gadis semakin membara, namun ia tidak bisa berbuat apa-apa. Ia hanya menangis menderu-deru dan menyayat hati. Air mata yang keluar tersebut deras, bak mata air di musim hujan dan akhirnya menenggelamkan acara pernikahan dan semua yang ada di desa sampai akhirnya menjadikan desa tersebut danau.

BENTANG KEINDAHAN

Keindahan di Danau Dendam Tak Sudah ditimbulkan oleh adanya panorama pepohonan hijau yang masih terjaga, sehingga udara di kawasan ini sangat sejuk. Kekayaan flora dan fauna yang bisa Anda saksikan di danau tersebut pada pagi hari menjadi puncaknya. Para flora dan fauna langka yang tinggal di tempat ini seperti, anggrek matahari, bunga bakung, plawi, terentang, gelam, anggrek pensil, dan juga babi hutan, siamang, burung kutilang, ular phyton.

KEGIATAN

Anda dapat melakukan berbagai kegiatan di pantai ini, mulai dari duduk-duduk, mengelilingi danau dengan kapal, juga memandangi bentangan alam yang bak lukisan sang agung. Untuk menyewa kapal, Anda akan dikenai biaya sekitar Rp30.000-Rp60.000 saja sekali jalan. Namun, kalau Anda lebih tertarik dengan sejarahnya, tanya saja pada penduduk sekitar yang kebetulan berada di situ. Dengan senang hati mereka akan menceritakannya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Danau Dendam Tak Sudah terletak di Kecamatan Teluk Segara, Selebar dan Talang, Kabupaten Bengkulu Utara. Jaraknya sekitar 6 km saja dari kota Bengkulu. Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa menggunakan taksi, menyewa kendaraan dan menggunakan kendaraan umum. Untuk pilihan pertama dan kedua, Anda harus menyiapkan kocek sekitar Rp75.000-Rp500.000,-. Sedangkan untuk pilihan terakhir cukup Rp5.000-Rp7.000 saja. Pilih saja mana yang murah, nyaman dan sesuai untuk Anda.

Wisata yang penuh dengan keunikan sejarah ini patut Anda jadikan destinasi berikutnya. Jadi, tetap dengan rencana yang sama di Bengkulu tanpa melupakan objek wisata danau ini. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY