Mengunjungi Taiwan Berwujud Singkawang Nan Gemerlap

0
603

Mengunjungi Taiwan Berwujud Singkawang Nan Gemerlap – Singkawang bak Taiwan yang berwujud kota. Kota ini kental akan budayanya. Anda bisa menyaksikan para penjaja makanan yang berjajar di sekitar kota yang memiliki hidangan dengan menu dan rasa yang khas. Kota yang damai pada siang hari ini, memiliki pemandangan dan suasana yang syahdu di malam harinya. Datang saja untuk memuaskan diri supaya Anda bisa mengenal kebudayaan yang ada di Singkawang.

SEJARAH NAMA

Singkawang berasal dari nama tanaman di hutan tropis sekitar, yaitu tengkawang. Pedagang serta pelaut dari Cina menyebutnya San Keuw Jong (Shankou Yang) atau Sungai Mulut Gunung. Faktanya Sungai Singkawang yang berdelta menjadii waterfront di sore hari membelah kota ini sampai ke pedalaman yang bergunung.

BUDAYA SINGKAWANG

Singkawang memang lekat dengan kebudayaan Cina yang sejarahnya menghujam Kalimantan Barat. Pada abad ke-19, saat pencarian bijih emas di sungai yang membelah Kota Monterado, para pekerja pertambangan menjadikan Singkawang sebagai kota persinggahan. Budaya yang dibawa oleh pekerja pertambangan dari Cina ini mewarnai hari-hari, bahkan keseharian kota Singkawang. Sehingga hal itu menjadi satu ciri khas yang mengakar.

KOTA SERIBU KELENTENG

Kota Singkawang ini diwarnai dengan kelenteng dan sang Buddha selain keyakinan warganya akan ajaran Kong Hu Cu yang disebar Konfusis. Sudah tidak mengherankan lagi kalau kota ini disebut sebagai Kota Seribu Kelenteng yang meriah dengan warna merah melentik di depan langit biru. Jika Anda datang pada waktunya, Anda akan melihat perayaan yang sangat meriah, dimana seluruh warga Tionghoa yang beragama Buddha atau Kong Hu Cu menjadi satu di dalamnya. Cap Go Meh dirayakan oleh seluruh kota di hari ke-15 setelah Imlek. Perayaan itu sangat penting, karena seluruh kota merias diri mereka. Anda bisa melihat kemeriahan lainnya juga dari Patung Naga Liong yang meliuk di tiang lampu yang semakin memancarkan keemasannya.

KULINER DAN BELANJA FAVORIT

Bagi Anda yang mengunjungi kota ini untuk berlibur, rugi kalau belum mencoba mie tionghoa dan sotong pangkung yang menjadi ciri khas serta banyak dijual di sekitar. Kepulan asap dari masakan tersebut yang berpadu dengan baunya yang harum dan menggoda lidah menebarkan bayangan sebuah pasar malam terbaik yang ada di Asia. Anda bisa menemukan barisan gerobak kaki lima yang tertata rapi di Jalan Setiabudhi dengan aspal hitam nan bersih.

Selain itu, Anda juga bisa berbelanja pernak-pernik untuk oleh-oleh di persimpangan Jalan Firdaus dan Jalan Diponegoro yang menjadi pusat seni dan cinderamata Dekranasda. Datang juga di pusat keramik yang ada di Jalan Raya Sedau, seperti Keramik Sinar Terang, Keramik Borneo Prima, Keramik Dinamis dan Keramik Semangat Baru.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Kota Singkawang berjarak 142 km dari pusat kota Pontianak yang merupakan ibukota Kalimantan Barat. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari agen yang dipercaya. Ongkos untuk menyewa kendaraan sekitar Rp300.000-Rp500.000 perhari dan sudah termasuk sopir serta bensin. Anda pun bisa memilih naik bus yang ada di terminal. Pilih bus dengan AC atau yang sesuai dengan keinginan Anda. Tarifnya sekitar Rp50.000-Rp120.000,-.

WISATA

Jika Anda sudah sampai di Singkawang, alangkah lebih baiknya mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di sana, seperti Pantai Panjang Indah, Palm Beach, Teratai Indah yang merupakan danau kecil dengan sekelompok teratai yang tumbuh di atasnya. Sinka Island Park taman dengan tema menarik serta kebun binatang di dalamnya. Bukit Bougenville yang merupakan surga bunga bougenville. Serta masih banyak lagi yang patut Anda sambangi.

Sekian info wisata dari Singkawang. Semoga Anda puas dengan infonya dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY