Mengunjungi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

0
852

Mengunjungi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone – Taman Nasional Bogani Wani Wartabone, biasa disingkat dengan TNBNW merupakan sebuah taman nasional yang berada di Gorontalo. Taman rekreasi keluarga ini dulunya bernama Dumoga Bone. Kawasan ini secara geografis berada di daerah Indomalayan yang berada di sebelah barat dan Papua-Australia sebelah timur (Wallaceae Area). Kawasan ini menyimpan berbagai jenis flora dan fauna langka yang menggemaskan.

DESKRIPSI

Wilayah taman ini terdiri dari tanah datar bergelombang yang berbukit terjal dengan kawasan pegununungan yang tingginya mencapai 50-2000 mdpl. Gunung yang ada di wilayah ini di antaranya, Gunung Kablam, Padang Dumoga, Gambuta, Damar dan Gunung Ali. Kawasann hutan ini masuk dalam kategori, hutan sekunder, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan dan hutan lumut.

KEKAYAAN FLORA DAN FAUNA

Di kawasan hutan rimba ini, terdapat berbagai jenis flora dan fauna, mulai dari 400 jenis pohon, 241 jenis tumbuhan tinggi, 100 jenis tumbuhan lumut, 120 jenis paku-pakuan dan 50 jenis bunga anggrek yang termasuk dalam family anggrek putih. Fauna yang ada di dalamnya, seperti 24 jenis hewan mamalia, 125 jenis aves, 11 jenis reptilia, 38 jenis kupu-kupu, 2 jenis amfibia, 200 jenis kumbang dan 19 jenis ikan.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone terletak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara dan Kecamatan Suwawa dan Bonepantai, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Terdapat dua jalur untuk menuju ke lokasi. Yang pertama melalui Kota Manado-Kotamobagu dengan jarak sekitar 185 km dan bisa menggunakan jalur darat sekitar 4-5 jam. Kemudian dilanjut ke Toraut dengan jarak tempuh 69 km dengan waktu sekitar sejam. Berikutnya perjalanan ke TNBNW. Yang kedua, yang lebih gampang dari Kota Gorontalo-TNBNW, jaraknya hanya sekitar 20 km. Lebih baik Anda menyewa kendaraan pribadi atau elf di agen travel terdekat dengan kota Manado (untuk rute pertama). Sedangkan jika Anda memilih rute kedua, bisa menggunakan ojek maupun becak motor saja. Ongkos kedua rute berikut, yang harus Anda siapkan adalah sekitar Rp10.000-Rp500.000,-.

KEGIATAN

Karena adanya fasilitas yang menarik seperti Camping Groung, Anda dan keluarga serta teman-teman dapat mendirikan kemah. Pendakian ke Gunung Poniki juga sangat dianjurkan bagi yang memiliki jiwa petualang. Terdapat sumber air panas yang dijadikan pemandian serta air terjun beserta pemandangannya yang dapat Anda nikmati keindahannya bersama keluarga. Fasilitas penelitian juga memberikan pengalaman belajar bagi Anda dan anak Anda. Ajak mereka mengamati hewan yang ada di Toraut.

FASILITAS

Selain menjadi tempat rekreasi keluarga, TNBNW juga menjadi objek wisata edukasi. Fasilitas yang mendukungnya adalah adanya Laboratorium penelitian. Wisma peneliti bagi Anda yang ingin melakukan penelitian di tempat ini. Fasilitas lainnya yaitu trail, pondok kerja, stasiun penelitian, pos jaga, shelter dan yang cocok untuk Anda dan keluarga, yaitu Camping Ground. Terdapat pula Wisma Tamu jika Anda ingin menginap.

Demikianlah ulasan tentang Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Semoga membantu bagi Anda yang ingin berlibur ke Gorontalo. Selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY