Menikmati Pagi Di Air Terjun Suhom

0
602

Menikmati Pagi Di Air Terjun Suhom – Pantai adalah tempat wisata yang paling sering dikunjungi sebelum bencana tsunami melanda. Namun, setelah semakin banyak yang berwisata di provinsi ini, semakin banyak pula yang mengenal objek wisata lain yang tak kalah menarik, salah satunya air terjun. Di Aceh Besar terdapat beberapa air terjun, namun kali ini yang akan dibahas adalah air terjun Suhom.

Air terjun Suhom adalah salah satu yang terkenal di Aceh Besar. Biasa disebut dengan air terjun Lhoong atau Kreung Kala, karena letaknya di antara dua desa, yaitu Kreung Kala dan Suhom. Air terjun ini terletak di perbukitan dan pemandangan alamnya sangat indah. Air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik bagi warga sekitar, karena aliran airnya cukup deras. Sudah dibuktikan, bahwa air terjun Sohum telah dapat mengalirkan listrik ke lebih dari 200 kepala keluarga di desa tersebut.

BERKEMAH DAN PESTA DURIAN

Bagi Anda yang hobi camping, disinilah tempatnya. Sambil menikmati air terjun, Anda bisa berkemah dan melakukan kegiatan seperti outbond bersama teman-teman ataupun keluarga. Yang lebih awesome lagi, di sekitar lokasi ini tumbuh banyak pohon durian. Bisa dibayangkan kalau musim durian akan seperti apa daerah ini. Pesta durian sambil menikmati keindahan air terjun dan alam sekitar akan menambah keseruan berlibur Anda. Di tempat ini juga tersedia warung kopi serta mie jika Anda kelaparan nanti.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Air terjun Suhom terletak di sebelah barat Banda Aceh, atau kurang lebih jaraknya 75 km. Dari Jalan raya antara Banda Aceh dan Aceh Jaya sekitar 3 km. Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi mobil maupun motor dengan lama perjalanan kurang lebih 1 jam. Bisa juga sebenarnya menyewa jasa ojek atau carteran mobil. Namun, tentu lebih mahal biayanya. Bisa jadi biaya yang Anda keluarkan sekitar Rp100.000-Rp500.000,- untuk ke sana dengan menyewa kendaraan.

Jangan khawatir, karena selama perjalanan, Anda akan dihadapkan dengan pemandangan yang indah, seperti keindahan Pantai Lampuuk, Pantai Lhok Nga, Gunung Kulu, Gunung Paroe dan Kecamatan Leupung. Jalan menuju lokasi juga terbilang sangat mulus, sehingga Anda tidak perlu merasa lelah. Apalagi kalau kesana di pagi hari.

Tiket untuk masuk ke dalam air terjun ini, yaitu Rp5.000, untuk sepeda motor ataupun mobil.

HOTEL

Di sekitar lokasi belum ada penginapan. Namun, bagi Anda yang ingin beristirahat, bisa menginap di hotel yang dekat dengan daerah ini. Salah satunya adalah The Pade HotelJl.Soekarno Hatta No.1 Daroy Kameu, Aceh Besar 23352 Telp. 0651 49999 dengan tarif Rp350.000-Rp1.250.000,-. Kalau tidak cocok, bisa pula ke Banda Aceh dan memilih sendiri hotel yang Anda sukai.

 

Untuk menyusuri air terjun sampai ke puncak, Anda bisa menaiki tangga terjal yang ada (hanya diperuntukkan bagi kaum laki-laki). Perempuan dilarang untuk menaikinya untuk menghindari hal-hal yang bertentangan dengan syariat islam, sebab di atas bukit terdapat hutan dengan pohon yang sangat lebat. Dan hal itu memungkinkan terjadinya perbuatan yang tidak diinginkan. Tips untuk Anda, jangan pernah mencoba melanggar larangan yang ada dan tertulis di lokasi wisata.

 

Nah, bagaimana liburan Anda? Apakah sudah membuat Anda puas? Nantikan destinasi berikutnya dan tetap luangkan waktu berlibur bersama keluarga. Selamat berlibur.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY