Meninggalkan Jejak Di Gerbang Kuburan Kerkhoff

0
551

Meninggalkan Jejak Di Gerbang Kuburan Kerkhoff – Makam di areal seluas 3,25 hektar ini dibangun pada tahun 1893. Secara harfiah, kerkhoff yang merupakan bahasa Belanda berarti halaman gereja dan Peutjut adalah putera kesayangan. Pocut merupakan putera kesayangan Sultan Iskandar Muda, Meurah Pupok. Di pucuk gerbang ini terdapat tulisan dalam bahasa Belanda, Melayu dan Jawa yang berarti ‘Untuk sahabat kita yang gugur di medan perang’. Di dindingnya juga terpatri nama-nama mereka beserta daerah pertempuran dan peristiwa yang terjadi di Aceh. Kuburan ini merupakan kuburan militer Belanda yang terletak di luar negeri Belanda dan salah satu yang terluas di dunia, karena sekitar 2.200 tentara dimakamkan disini.

JEJAK DI MAKAM

Ketika Anda menginjakkan kaki di makam ini, banyak hal menarik yang bisa Anda temui. Kisah para prajurit yang diceritakan sekilas di batu nisan, seolah-olah bercerita pada Anda tentang masa hidupnya. Adanya monumen pel untuk mengenang salah satu jenderalnya yang juga mempercantik keindahan makam itu sendiri. Di sana juga terdapat kuburan Meurah Pupok yang terpisah dengan kuburan lainnya. Meurah Pupok meninggal karena dihukum rajam oleh ayahnya sendiri sebab telah berbuat zina dengan istri perwira muda pelatih angkatan perang Aceh.

Keindahan yang bisa Anda nikmati sekaligus menjadi bukti kepahlawanan Aceh melawan penjajah dan keadilan Sultan Iskandar Muda dalam menjunjung tinggi hukum di masa pemerintahannya. Walaupun sekarang jumlah pasti makam sudah tidak dapat ditemukan karena semua berkasnya hilang sejak kependudukan Jepang di masa penjajahannya.

BERKELILING

Anda bisa berkeliling di sekitar kompleks pemakaman ini, karena juga terdapat tempat wisata lain seperti Gunongan. Dengan menggunakan labi-labi ataupun becak, pemandangan yang Anda nikmati akan mempesona penglihatan Anda. Anda juga sekaligus bisa membelokkan becak ke rumah makan untuk mencicipi kuliner khas Aceh.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Makam kerkhoff berlokasi di Jalan Teuku Umar, Kampung Sukaramai, Blower, Banda Aceh. Lokasinya mudah dijangkau karena ada di depan Lapangan Blang Padang Banda Aceh. Dari Bandara Iskandar Muda, Anda dapat menaiki taksi atau angkutan umum dengan waktu perjalanan kurang lebih 25 menit. Tarifnya dari Rp5.000,- sampai dengan Rp45.000,-.

HOTEL DAN PENGINAPAN

Untuk mendapatkan hotel yang cukup sesuai dengan ongkos liburan Anda, Hotel Rasa Mala Indah cukup direkomendasikan. Hotel ini terletak di Jalan Teuku Umar No. 257 Seutui, Banda Aceh. Telp. 0651-41983.

Menghargai sejarah memang sangat diperlukan. Dengan adanya tempat wisata, kita dapat mempelajari ilmu sejarah tersebut dan berkaca untuk dijadikan sebagai motivasi di saat ini, dimana perang terus terjadi. Terutama perang melawan keadilan dan zaman yang terus berubah. Untuk itu, hargailah setiap pengorbanan yang pernah dilakukan oleh negeri ini untuk kita dengan sesekali mengunjungi peninggalan dan warisan mereka.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY