Menjarah Kesenangan di Pulau Rubiah

0
656

Menjarah Kesenangan di Pulau Rubiah – Pulau Rubiah adalah salah satu pulau yang ada di Sabang dan memiliki luas sekitar 2.600 hektar. Pulau ini terkenal dengan pemandangan bawah lautnya. Tempatnya yang tak berpenghuni dan masih alami turut mengundang para wisatawan untuk berkunjung kesana. Bisa dibilang pulau ini merupakan surganya keindahan laut bagi para wisatawan.

ASAL USUL

Kenapa pulau tersebut dinamakan Pulau Rubiah? Nama tersebut diambil dari nama seorang wanita, yaitu Cut Nyak Rubiah yang makamnya ditemukan di sekitar pulau tersebut.

SEJARAH RUBIAH

Pada masa kerajaan Aceh dahulu, pulau ini sempat digunakan sebagai lokasi transit jemaah haji yang akan berlayar menuju ke Mekkah. Pulau ini dulunya juga menjadi lokasi pertahanan serdadu Belanda serta Jepang pada masa perang dunia ke-2. Kalau Anda berwisata ke pulau ini, pasti akan menemukan bekas bangunan benteng tersebut.

PEMANDANGAN PANTAI

Pulau Rubiah memiliki pemandangan laut yang indah. Air lautnya sangat bersih dan jernih. Pemandangan bawah laut dari atas sampai kedalaman 15 meter dapat terlihat dengan jelas. Anda bisa melihat kumpulan ikan yang berenang di sela-sela karang. Ikan-ikan tersebut antara lain, ikan kepe-kepe, ikan botana, ikan sersan, ikan mayor, dan masih banyak lagi jenis ikan berwarna-warni dan indah di pulau ini. Terdapat pula keragaman biota laut, seperti binatang laut, bunga lili, dan bermacam terumbu karang mulai dari yang keras sampai yang lunak serta warna dan bentuk yang beragam.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Letak Pulau Rubiah adalah 350 meter dari Pantai Iboih. Jaraknya sekitar 24 km dari sebelah barat Pulau Weh. Anda dapat berangkat dari pantai Iboih dengan menyeberang menggunakan perahu atau speedboat dengan ongkos Rp150.000-Rp350.000,- dan perjalanan selama 30 menit. Jika Anda dari Pelabuhan Balohan yang merupakan penyeberangan Banda Aceh-Pulau Weh, Anda bisa naik bus untuk menuju ke pantai Iboih dengan tarif sekitar Rp20.000-Rp50.000 dengan perjalanan 45-60 menit. Selanjutnya Anda bisa menyeberang dengan kapal boat sesuai petunjuk tadi. Boat dapat menampung 10 orang sekali jalan.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Meski pulau Rubiah tidak berpenghini, namun di sana terdapat beberapa warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Objek wisata yang selalu ramai ini memiliki lokasi tempat transplantasi karang, yaitu pembibitan batu karang oleh beberapa lembaga. Ketika Anda snorkeling, Anda bisa melihat lokasi tersebut karena berada di bawah laut. Terdapat persewaan peralatan snorkeling dengan harga Rp40.000-Rp60.000 di Pulau Rubiah per harinya. Sewa lebih banyak saja supaya harganya juga lebih murah.

Di pantai tersebut juga terdapat penjual souvenir dari kerang yang menarik dengan harga bervariasi. Kalau Anda ingin menginap dan menikmati suasana malam di pulau Rubiah, Anda dapat menyewa bungalow di sekitar pantai.

Sekian perjalanan ke Pulau Rubiah, sampai bertemu di liburan minggu, bulan, atau tahun depan. Semoga liburan Anda ke Aceh menyenangkan. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY