Menjelajahi Keragaman Pulau di Kepulauan Seribu

0
631

Menjelajahi Keragaman Pulau di Kepulauan Seribu – Kepulauan Seribu adalah  gugusan kepulauan di Teluk Jakarta yang membeng sekitar 100 mil dengan luas mencapai sebelas kali luas daratan Jakarta. Kawasan ini merupaka pelestarian alam bahari dengan zona konservasi yang terus dijaga kebersihan dan keindahannya. Walaupun namanya seribu, namun jumlah pulau yang ada di dalamnya sekitar 342 pulau saja dan yang ideal untuk tempat wisata adalah 20 dari 45 pulau wisata umum dan khusus.

TAMAN NASIONAL KEPULAUAN SERIBU

Pulau di kawasan ini sebagian besar tidak berpenghuni dan berupa pulau pasir dengan terumbu karang. Sebagian besar pantainya dilindungi hutan bakau yang menjadi rumah bagi ular cincin emas, piton biawak dan fauna lainnya yang memiliki banyak jenis. Sedangkan floranya sendiri didominasi dengan tumbuhan pantai, seperti nyamplung, butun, bogem dan sukun. Terumbu karang di pulau ini memiliki kedalaman 1-20 meter yang memiliki jenis seperti karang meja, karang daun, karang kipas, karang batu dan lain sebagainya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu terletak di kawasan Teluk Jakarta. Anda dapat menuju ke lokasi tersebut dengan menggunakan KM Kerapu dari Marina Jaya Ancol. Harga tiket sekitar Rp32.000 dengan waktu tempuh 1-3 jam, namun belum termasuk tiket masuk ke Ancol. Jadwal keberangkatannya sekitar pukul 08.00 atau 09.00 dan kembali pada 14.00. Terdapat speedboat di Marina ke Pulau Pramuka yang berangkat pukul 08.00 dengan ongkos kurang lebih Rp200.000. Sedangkan dari Pulau Pramuka ke Marina pukul 15.00.

Terdapat pula kapal kayu milik nelayan yang dapat Anda gunakan untuk menempuh perjalanan selama 3 jam dari dermaga Muara Angke-Pulau Pramuka dan Pulau Panggang. Ada juga kapal feri dari Muara Angke-Pulau Pramuka dengan ongkos Rp35.000 tergantung tujuan. Dari Tangerang, Anda bisa melalui Rawasaban dengan tiket kapal hanya Rp18.000.

KEGIATAN

Anda dapat melakukan berbagai atraksi wisata bahari seperti canoe, wind surfing, snorkeling, scuba diving, jetski dan fishing. Beberapa pulau yang dapat Anda kunjungi, seperti Pulau Tidung yang merupakan pulau terbesar dan paling banyak dikunjungi, Pulau Bidadari yang masih asri dengan pasir putihnya, Pulau Pramuka yang juga merupakan wilayah ekowisata untuk penelitian dan pendidikan, Pulau Kotok lokasi bulan madu yang banyak diincar, Pulau Pelangi dan masih banyak lagi pulau yang menarik untuk dikunjungi.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Di beberapa pulau sudah memiliki fasilitas yang lengkap, seperti lapangan tenis, volley pantai, area jogging, billiard, dan juga golf. Anda pun dapat berekreasi menggunakan glass bottom boat di Pulau Putri untuk melihat kekayaan lautnya. Di Pulau Kotok terdapat tempat bulan madu yang menarik. Lihatlah penangkaran penyu di Pulau Sepa dan Pulau Kotok. Jika Anda sedang berada di Pulau Bidadari dan membutuhkan penginapan, di sana sudah tersedia beberapa cottage yang dibangun di sekitar pepohonan yang menghadap ke laut. Fasilitas menarik lainnya, yaitu toko, klinik kesehatan, kolam renang, tempat karaoke, arena bermain anak, bar, diskotik, meeting room dan beragam fasilitas lainnya di Pulau Pantara.

Demikianlah wisata di Kepulauan Seribu yang bisa Anda jadikan referensi. Sampai jumpa di destinasi berikutnya. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY