Menyingkap Sejarah dibalik Massal Ulee Lheue

0
688

Menyingkap Sejarah dibalik Massal Ulee Lheue – Desa Ulee Lheue merupakan wilayah yang paling parah terkena dampak bencana tsunami yang terjadi di Aceh pada 2004 silam. Hal ini dikarenakan letaknya yang paling dekat dengan bibir pantai. Ribuan jiwa tewas dan bangunan banyak yang hancur akibat peristiwa tersebut. Banyaknya korban yang tewas pada saat itu membuat jenazah menjadi sulit sekali untuk dikenali. Namun, tidak mungkin para jenazah akan dibiarkan disitu dalam waktu lama. Akhirnya jenazah yang belum dikenali tersebut dimakamkan secara massal.

ZIARAH DI KUBURAN MASSAL

Saat ini kuburan massal Ulee Lheue dijadikan sebagai objek wisata. Pengunjung dapat berziarah di makam ini. Makam yang luas dan terawat dengan baik ini sudah ditanami hamparan rumput dan pepohonan rindang. Di setiap dinding pagarnya terdapat tulisan satu dari 99 asmaul husna. Di dalam kompleknya pula masih terdapat bekas gedung RSUD Meuraxa yang sudah tidak bisa digunakan lagi dan biasa digunakan oleh peziarah untuk berdzikir dan berdoa. Pintu gerbang yang dilewati peziarah pada saat masuk terdiri dari lima pintu besi dalam satu rangkaian. Pada masing-masing pintu ini, terdapat petikan surat Al-Anbiya ayat 33. Sungguh kuasa Tuhan sangatlah besar terhadap apapun. Terhitung di dalam makam tersebut terdapat 14.264 korban jiwa.

BERKELILING DAN BELANJA

Bagi Anda yang ingin berjalan-jalan di sekitar Banda Aceh untuk mencari oleh-oleh dan kuliner khasnya, Anda bisa menggunakan becak motor dengan tarif Rp30.000-Rp60.000,-. Mampir di toko souvenir Rencong AcehJl.Muhammad Jam No.1E Banda Aceh. Pusaka SouvenirJl.Sri Ratu Safiatudin No.78 Peunayong-Banda Aceh (ada beberapa kios souvenir lainnya di jalan tersebut). Anda bisa membeli souvenir kerajinan seperti tas, bros, dan dompet dengan harga yang bervariasi. Selain itu Anda juga bisa membeli oleh-oleh di pasar tradisional yang letaknya di belakang Masjid Baiturrahman.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pemakaman ini berlokasi di Jalan Pocut Baren No.30. Untuk menuju ke lokasi tidaklah sulit, karena letaknya di pusat kota. Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa menaikinya dari terminal Keudah dengan trayek jurusan Keudah-Punge-Ulee Lheue dengan tarif Rp3.000,-. Anda juga bisa menggunakan becak motor untuk menuju ke lokasi dengan tarif Rp20.000,-. Kalau Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat melintasi Jalan Sultan Iskandar Muda. Ketika sudah mendekati laut sebelum bundaran, maka Anda akan bertemu Jalan Pocut Baren sebelah kiri jalan. Anda tinggal melintasi jalan tersebut. Tidak jauh dari situlah terdapat pemakaman itu.

HOTEL

Anda bisa menginap di Hotel WisataJl.Jend.Ahmad Yani No.19-21 Telp.0651 21834. Tarif murah Rp150.000-Rp350.000. Hotel MedanJl.Jend.Ahmad YanI No.17 Peunayong, Banda Aceh Telp.0651 21501 Tarif Rp250.000-Rp1.000.000 ke atas. Fasilitas yang ada beragam. Anda bisa memilih kamar yang cocok dan nyaman untuk istirahat Anda.

Sekian info wisata kali ini, jangan lupa untuk berpakaian rapi pada saat mengunjungi Kuburan Massal Ulee Lheue dan pakai kacamata atau topi untuk menghindari teriknya sinar matahari. Selamat berwisata!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY