Menyisiri Pulau Bidadari Yang Menarik Hati

0
655

Menyisiri Pulau Bidadari Yang Menarik Hati – Sama seperti Pulau Tidung, Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau gugusan yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau ini adalah pulau kedua paling banyak yang dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini dulunya bernama Pulau Sakit dan Pulau Pumered. Namun, nama Bidadari sendiri diambil dari nama pulau lainnya di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Nirwana, Pulau Putri dan lainnya.

PULAU BIDADARI NAN ELOK

Pulau Bidadari, sebagai objek wisata yang menarik memiliki pemandangan yang indah serta bersejarah. Itulah awal mula pulau ini dinamakan sebagai Pulau Sakit, karena pada abad ke-17 Belanda membangun rumah sakit kusta atau lepra. Di saat yang bersamaan, Belanda juga membangun benteng sebagai pengawasan untuk melakukan pertahanan dari serangan musuh. Sampai pada 1970, PT. Seabreez mengelola pulau ini menjadi resort wisata. Di dalamnya terdapat peninggalan sejaran pada zaman penjajahan Belanda.

Yang menjadi daya tarik pulau ini adalah, pasirnya yang putih dengan air laut biru jernih. Terdapat beberapa tanaman langka, seperti pohon kepuh, pohon sentigi, pohon perdamaian, pohon kayu hitan, pohon glodokan dan berbagai tanaman buah serta hutan mangrove yang terpelihara dengan baik. Alangkah kurang puasnya jika berkunjung ke Jakarta, namun tidak datang ke pulau ini.

KEGIATAN

Anda dapat menikmati keindahan Pulau Bidadari dengan berkunjung ke berbagai situs sejarah yang ada di dalamnya. Dengan berjalan kaki sambil menikmati udara segar atau dengan menyewa sepeda yang sudah disediakan. Ongkos sewanya biasanya sekitar Rp15.000 per sepeda untuk sehari penuh. Anda juga dapat bermain air di pantai pasir putih sambil minum es kelapa muda. Karena sudah banyak fasilitas yang mendukung liburan Anda di Pulau Bidadari, Anda dapat menggunakannya untuk olahraga laut.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Bagi Anda yang doyan berbelanja, silahkan membeli souvenir di toko yang disediakan oleh cottage-cottage yang ada di Pulau Bidadari. Cottage tersebut bisa Anda gunakan untuk menginap semalam jika Anda ingin menikmati keindahan Pulau Bidadari dengan lebih lama. Memiliki fasilitas yang menarik, di antaranya adalah restoran, karaoke, ruang pertemuan, toko souvenir, dan juga peralatan olahraga air. Untuk menyewa peralatan tersebut, biasanya Anda akan mengeluarkan kocek Rp45.000-Rp70.000.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pulau Bidadai yang terletak di Kepulauan Seribu tersebut dapat Anda capai dari dermaga Marina Ancol Jaya dengan speedboat. Perjalanan untuk mencapai pulau ini sekitar setengah jam saja mengingat lokasinya yang paling dekat, hanya sekitar 15 km dari Jakarta. Anda pun bisa menggunakan jetski yang disewakan di sana. Dalam sehari, terdapat 2-3 kali pemberangkatan kapal dari dermaga tersebut. Jadwalnya setiap jam 11.00 dan paling banyak di hari Sabtu. Siapkan saja ongkos sekitar Rp30.000-100.000 untuk jaga-jaga jika harga sewa speedboat maupun jetskinya berubah.

Demikianlah info wisata dari Pulau Bidadari, semoga bermanfaat untuk Anda dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY