Menyusuri Keindahan Pantai Takisung

0
1009

Menyusuri Keindahan Pantai Takisung – Sebagai salah satu objek wisata di Kalimantan Selatan, Pantai Takisung dapat digolongkan menjadi pantai yang mempesona dengan pemandangan menarik yang dikelilingi pohon kelapa. Pasir pantai ini kecoklatan seperti air lautnya. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan, apalagi setelah Pemerintah Kabupaten Tanah Laut terus memolesnya melalui pembangunan sejumlah fasilitas umum yang tidak dimiliki objek wisata lainnya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pantai Takisung terletak di Kecamatan Takisung, sebelah barat wilayah Kabupaten Tanah Laut. Jaraknya dari kota Pelaihari sekitar 22 km dan dari Banjarmasin sekitar 87 km. Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa melewati dua jalur, yaitu jalur kota Pelaihari dan Pulau Sari. Untuk jalur Pulau Sari yang terletak di kecamatan Tambang Ulang atau sekitar 2 jam perjalanan dari Banjarmasin. Di pinggir jalan, tepat di desa tersebut Anda bisa melihat petunjuk jalan untuk menuju ke daerah Kuaru. Pertama-tama akan melewati Bingkulu, yang diselimuti padang semak belukar, kebun masyarakat dan juga bukit yang memanjakan mata. Setelah itu Anda bisa langsung sampai di pantai tersebut.

Ongkos transportasi umum yang Anda gunakan sekitar Rp5.000-Rp25.000. Kalau Anda naik kendaraan pribadi, tinggal mengikuti rutenya saja.

MENYUSURI PANTAI

Pemandangan pertama yang akan Anda lihat setelah keluar dari kota Pelaihari dan memasuki jalan ke Pantai Takisung ini adalah banyaknya jembatan kecil yang jumlahnya sekitar 25 buah. Jembatan tersebut menghubungkan saluran irigasi dan sungai kecil di samping kiri dan kanan jalan. Kondisi pantai Takisung sendiri berupa pantai landai berpasir dengan warna kecoklatan, membujur dari barat ke timur sepanjang 2 km.

Pantai ini menawarkan panorama yang berbeda di Kalimantan. Jadi, selain berwisata, Anda juga bisa membeli ikan segar maupun ikan kering di pantai.

FASILITAS

Pantai ini menyediakan berbagai fasilitas yang unik, yang mungkin tidak dimiliki pantai lainnya, seperti shelter, panggung permanen, rumah makan serta penginapan. Ada pula penjual cinderamata di sekitar pantai yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, untuk menyusuri laut Anda bisa menyewa banana boat serta klotok yang berjejer di dermaga. Ada juga motor beroda empat yang disewakan untuk menyusuri pantai. Tenda dan payung-payung warna-warni di bibir pantai juga tersedia untuk Anda yang ingin bersantai.

Tarif untuk sewa banana boat sendiri mulai dari Rp15.000, sewa motor wisata Rp50.000, sewa tenda Rp50.000 dan payung Rp25.000,-. Di sekitar pantai ini, terdapat pula pasar yang menjual jajanan serta hiasan khas pantai. Fasilitas lain yang disediakan, yakni kamar mandi, mushola dan juga tempat parkir yang lumayan luas.

Sekian info wisata dari Pantai Takisung. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari tempat liburan yang menarik dan cocok untuk keluarga. Salam ransel dan selamat berlibur!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY