Menyusuri Warisan Alam Pantai Calok Samalanga dan Mamplam

0
1016

Menyusuri Warisan Alam Pantai Calok Samalanga dan Mamplam – Pantai ini menjadi salah satu pantai yang ada di Bireuen. Keadaan alamnya yang sangat indah dan mempesona sayangnya berada di lokasi Satuan radar AURI, sehingga pantai ini sedikit tertutup. Pantai ini memiliki potensi untuk wisata bahari, seperti berenang, memancing, diving dan snorkling. Bagi Anda yang menyukai beberapa kegiatan tersebut bisa datang ke pantai ini dan membuktikan kepuasan yang Anda dapatkan.

MENIKMATI PANTAI SECARA LEBIH DEKAT

Pengunjung yang datang ke pantai ini akan disuguhi keindahan panorama. Terlebih udara di sekitar pantai sangat sejuk dan menyegarkan. Terdapat hamparan pantai yang luas beserta bebatuan dan bukit yang menjorok ke dalam laut. Sehingga keindahan pantai tersebut terlihat sangat alami. Pengunjung akan dimanjakan dengan fasilitas yang ada, sebab jika mereka ingin berjalan-jalan ke laut, tingga menyewa boat para nelayan yang sudah tersedia di sisi pantai. Di tengah laut, dapat dilihat betapa indahnya terumbu karang yang ada di dasarnya serta dijadikan tempat bersarang ikan hias yang cantik dan indah.

Sebelum terjadi bencana tsunami, pantai ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal. Namun, setelah terjadinya bencana tersebut, pengunjung yang datang mulai berkurang. Walaupun begitu, sampai sekarang keindahan pantai Calok masih tetap terjaga.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Di sekitar pantai terdapat penjual makanan dan minuman. Ada pula rumah makan atau cafe yang memudahkan Anda untuk mencari makan ketika kelaparan ataupun kehabisan bekal. Jika Anda menyukai segala jenis souvenir, di pantai ini pula disediakan souvenir seperti batu cincin yang bisa dibeli dengan harga yang sesuai dengan kantong Anda. Bagi Anda yang ingin berwisata di pantai sampai malam, tenang saja karena di sana pula terdapat penginapan agar Anda bisa beristirahat tanpa harus mencari hotel di sekitarnya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pantai Calok terletak di Kecamatan Pandarah, Desa Calok, Kabupaten Bireuen. Jaraknya sekitar 36 km dari pusat kota Bireuen. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi. Berhubung tidak adanya jalur untuk angkutan umum, Anda bisa menggunakan jasa ojek. Kalau ingin lebih praktis dan dapat memuat banyak orang, bisa menyewa mobil carteran. Ongkos untuk ojek yang Anda sewa sekitar Rp10.000-Rp30.000,- Dan untuk menyewa mobil carteran, bisa dikenai biaya Rp500.000,- yang sudah termasuk sopir dan bensin serta sewa selama 10 jam.

HOTEL

Di pantai memang ada fasilitas penginapan. Namun, bagi Anda yang lebih suka menginap di hotel dan menginginkan fasilitas yang memang hanya ada di hotel, berikut ini akan direkomendasikan beberapa di antaranya: Losmen FajarJl.H.Mayor Abdullah Yacob Pulo Ara No.47 Bireuen Purnama HotelJl.Geulanggang Baru-Bireuen Telp.0644-21130 Meuligoe Bireuen HotelJl.Medan-Banda Aceh Cot Gapu Telp.0644-22333/323303. Masing-masing memiliki tarif yang berbeda, namun rentang harganya sekitar Rp200.000-Rp800.000,-.

Liburan di pantai memang dambaan setiap orang. Apalagi yang menyukai kegiatan air, seperti yang sudah disebutkan di atas. Pantai Calok ini sangat cocok bagi Anda penggemar wisata pantai. Nah, berhubung liburan akan segera datang, silahkan mengunjungi tempat liburan yang Anda sukai. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY