Museum Negeri Aceh – Destinasi Wisata Edukasi Yang Menarik

0
899
Museum negeri aceh destinasi wisata edukasi di aceh

Koleksi Museum Negeri Aceh Yang Antik dan Menarik – Setiap daerah biasanya memiliki museum untuk menyimpan beraneka koleksi sejarah dan budaya, tak terkecuali Aceh. Sebuah museum yang memiliki sejarah panjang ini terletak di Kota Banda Aceh. Pada jaman pemerintahan Hindia Belanda, Jenderal H.N.A. Swart meresmikan pendirian museum ini dengan nama sebelumnya, yaitu Museum Aceh. Pada saat itu bangunan yang dimiliki adalah rumah tradisional Aceh, Rumoh Aceh.

Setelah kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, barulah pemerintah Hindia Belanda menyerahkan Museum Aceh tersebut kepada Pemerintah Daerah dan diteruskan kepada Pemerintah Daerah Tk. II yang bertanggung jawab atas pengelolaannya. Kemudian, dilakukan pemindahan lokasi dari Blang Padang dan segala pemugaran serta pengelolaan. Barulah setelah itu museum ini diserahkan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk dijadikan Museum Negeri Provinsi Aceh.

BERBAGAI KOLEKSI ANTIK YANG PATUT DILIHAT

Lonceng Cakra Donya - kebanggaan museum negeri aceh

Museum Negeri Aceh memiliki berbagai koleksi antik dan menarik, di antaranya, Kapak Persegi yang terbuat dari tufa (batu lampung), yang merupakan alat batu dari akhir masa perundagian. Koleksi flora dan fauna yang diawetkan. Berbagai benda dari masa lalu yang mencerminkan budaya Aceh serta masih digunakan saat ini, yaitu pengangkut padi, alat tenun, pemintal benang dan sebagainya. Yang paling istimewa adalah adanya Lonceng Cakra Donya, salah satu koleksi kebanggaan museum ini. Lonceng tersebut merupakan hadiah dari kaisar Tiongkok, Yongle kepada Kesultanan Aceh pada tahun 1414. Adanya lonceng tersebut membuktikan bahwa kesultanan Aceh memiliki hubungan yang baik dengan negeri Tiongkok.

Sambil melihat-lihat koleksi tersebut, Anda akan dipandu pemandu Anda untuk menceritakan setiap sejarah dari koleksi yang ada. Jadi, di dalam museum tersebut, Anda tidak akan merasa bosan.

TRANSPORTASI MENUJU MUSEUM NEGERI ACEH

Museum Negeri Aceh berlokasi di Jl. Sultan Alauddin Mahmudsyah No. 12 Banda Aceh 23241. Telp. 0651-23144. Anda bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi menuju ke museum tersebut. Dari Jl.S.A.Mahmudsyah tersebut Anda berbelok kiri dan tak jauh dari situlah lokasi museum tersebut. Biaya transportasi umum yang Anda keluarkan untuk menuju ke objek wisata ini sekitar Rp5.000,- sampai dengan Rp30.000,-. Karena sekarang sudah ada GPS, jadi akan sangat mudah untuk mencari lokasinya.

Anda juga bisa menggunakan jasa taksi:

Cempaka Taxi Banda AcehJl. Sultan Johansyah 6, Lamlagang, Baiturrahman 23239.  Telp. 0651-43354. PT. Asa Taxi Banda AcehJl. Tengku Sulaiman Daud Banda Aceh. Telp. 0651-7408686.

Namun ongkosnya akan lebih mahal dari transportasi umum biasa.

JAM KUNJUNGAN DAN TIKET MUSEUM NEGERI ACEH

Senin-Kamis pukul 08.30-13.30 dan 13.30-17.30
Jumat pukul 08.30-11.00 dan 14.00-17.30
Sabtu dan Minggu pukul 08.30-12.30 dan 14.00-17.30
Tiket masuk hanya Rp5.000,- untuk dewasa

HOTEL DEKAT MUSEUM NEGERI ACEH

Hotel dengan harga di bawang Rp100.000 sampai jutaan bisa dijumpai di dekat wisata ini. Seperti Hotel Rumoh PMI Jl. Nyak Adam Kamil II No.1 Kampong Ateuk 23243 Banda Aceh. Hotel Sultan International Jl. Sulthan Hotel No.1 23122 Banda Aceh. Hotel Hermes Palace Jl.T.Panglima Nyak Makam Banda Aceh

Untuk Anda yang menyukai wisata sejarah seperti yang ada di Aceh ini, silahkan datang dan ajak serta keluarga agar Anda dan mereka bisa kembali ke jaman prasejarah untuk menikmati koleksi benda-benda antik yang sangat menarik. Masukkan Museum Negeri Aceh sebagai salah satu tujuan wisata di liburan bulan depan. Selamat berkeliling.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY