Musim Panas di Cagar Alam Jantho

0
1052

Musim Panas di Cagar Alam Jantho – Kalau Anda pecinta alam sejati, rugi kalau belum kesini. Cagar alam Jantho adalah sebuah hutan dengan berjuta flora dan fauna yang melingkupinya. Kawasan ini dilindungi pemerintah daerah Nangroe Aceh Darussalam. Karena kekayaan alamnya yang berlimpah, membuat pemandangan sekitar menjadi hijau dan sejuk. Oleh karena itu, tempat ini dijadikan paru-paru dunia dalam keseimbangan ekosistem.

BERSAHABAT DENGAN ALAM

Di cagar alam ini terdapat berbagai jenis flora dan fauna, seperti hutan pinus, jambu air, ara, damar, kayu hitam, kandis, ketapang, kerakau, merbau dan masih banyak lagi. Serta rusa, kijang, kancil, gajah, dan lain-lain. Anda dapat menelusuri setiap kekayaan alam yang ada tersebut dengan mata Anda. Lihatlah betapa alam bersahabat dengan kita, ketika Anda merasakan semilir angin sejuk yang menerpa kulit. Jadikan pula mereka sahabat Anda dengan tidak merusak maupun membuang sampah di sekitarnya. Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke sana adalah ketika musim kemarau agar Anda bisa menikmati pemandangan yang indah.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Cagar alam ini berlokasi sekitar 50 km dari kota Jantho. Dari Banda Aceh sendiri kurang lebih jaraknya sekitar 9 km. Bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi selama kurang lebih seperempat jam atau sekitar setengah jam. Ongkos transportasi umum untuk ke lokasi ini sekitar Rp4.000-Rp10.000,-. Informasi Kontak: Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh BesarJl.Prof.A.Majid Ibrahim No.4 Telp. 0651-92513 Jantho, Aceh Besar.

KELILING DAN OLEH-OLEH

Setelah puas mengelilingi cagar alam dan menikmati suasananya, Anda bisa ke Banda Aceh untuk berjalan-jalan atau ke tempat wisata berikutnya. Berkeliling sekitar kota bisa menggunakan becak motor atau labi-labi dengan tarif Rp10.000-Rp30.000,-. Mampir di toko oleh-oleh yang terkenal di sana, seperti Aceh PutraJl.Tentara Pelajar No.137 Merduati, Banda Aceh. Pusaka SouvenirJl.Cut Mutia No.10 Banda Aceh. Putroe AcehJl.K.H.Ahmad Dahlan No.67 Banda Aceh. Untuk membeli berbagai pernak-pernik dengan harga yang bervariasi, sekitar Rp5.000-Rp45.000.

HOTEL DAN AKOMODASI

Anda bisa menginap di hotel yang terdekat dan bertarif sesuai standar, seperti Hermes Palace HotelJl.T.Panglima Nyak Makam, Banda Aceh Telp.0651-7555888, yaitu hotel bintang empat internasional pertama di Banda Aceh yang letaknya tidak jauh dari pusat kota. Hanya beberapa menit dari Masjid Raya Baiturrahman. Tarifnya pun beragam, dengan rentang Rp500.000-3.000.000 ke atas.

Berwisata di cagar alam Jantho berarti turut menghargai apa yang dimiliki alam dan bangsa sendiri. Namun, tetap ingatlah niat tersebut dengan tidak membuang sampah sembarangan agar kebersihan dan keindahan alam tetap terjaga. Lanjutkan liburan Anda di negeri Serambi Mekkah ini, karena masih banyak sekali wisata alam maupun sejarah dan religi yang harus Anda kunjungi. Karena Aceh masih menyimpan kekayaannya untuk Anda. Selamat berwisata dan salam ransel.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY