Objek Wisata Bahari Di Pulau Numfor

0
1592

Objek Wisata Bahari Di Pulau Numfor – Pulau Numfor merupakan salah satu gugusan pulau yang termasuk dalam wulayah Kabupaten Biak Numfor selain Pulau Biak dan Pulau Supiori. Letak pilau ini yaitu di sebelah utara Pulau Irian Jaya. Tepatnya di Teluk Cendrawasih dan berjarak 50 km sebelah barat Biak dan Supiori serta berjarak 70 km sebelah timur dari kota pelabuhan Manukwari. Bentuk dari pulau ini hampir oval, ketinggian pulau ini adalah 204 meter di atas laut, sedangkan luas wilayah Pulau Numfor yaitu 329,76 km dan memiliki garis pantai sebesar ± 140,78 km. Secara geografis, Pulau Numfor terletak antara 0.55’ – 1.08’ LS dan 134.47’ – 134.58’ BT.

Lokasi

Batas-batas geografis Pulau Numfor sebagai berikut: (1) Sebelah utara, Pulau Numfor berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik; (2) Sebelah selatan, berbatasan dengan Kabupaten Teluk Wodama; (3) Sebelah barat, berbatasan dengan Kabupaten Manukwari; serta (4) Sebelah timur berbatasang dengan Kabupaten Yapen.  Di pulau ini tedapat 47 kampung yang tersebar di lima distrik diantaranya adalah Distrik Numfor Timur, Distrik Orkeri, Distrik Poiru, Distrik Numfor Barat, dan Distrik Bruyadori.

Aktivitas

Pada sisi sebelah barat Pulau Biak, Pulau Numfor merupakan pulau kecil yang berada di Samudra Pasifik. Pulau ini memiliki keindahan alam yang masih murni. Kepulauan ini memiliki lusinan lokasi yang sangat cocok digunakan untuk snorkeling dan juga berenang. Selain itu, di sini juga terdapat kumpulau pulau-pulau karang yang begitu indah dihiasi pantai dengan pasir putih yang begitu mempesona.

Tidak hanya itu saja, di Pulau Numfor juga terdapat hutan mangrove yang sangat luas disertai dengan berbagai macam habitat laut seperti kepiting, berbagai jenis ikan, mangrove, karang tepi, atol, dan udang. Karena hasil lautnya yang begitu berlimpah dapat dijadikan sebagai penopang kehidupan masyarakat yang berada di sekitar Pulau Numfor.

Keindahan Lain Yang Dimiliki  Pulau Numfor

Dilihat dari kondisi terumbu karang yang mendapatkan spesifikasi relatif baik dapat digunakan menjadi rumah berbagai macam biota laut yang berada di perairan Numfor dan didukung pula dengan keanekaragaman jenis hayati. Apabila dilihat dari persentase tentang penutupan arang hidup berkisar antara 36,7 % – 79,2 %. Pulau kecil ini juga memiliki struktur pesisir yang sangat lengkap, mulai dari karangnya, ikan karang, lautnya, lamun, pantai, dan juga hutan mangrovenya. Mengingat struktur pesisir yang sangat memadai inilah dapat dijadikan potensi untuk mengembangkan perikanan dan memiliki prospek besar terkait pengembangan wisata bahari. Dengan berbagai asumsi-asumsi yang ada, terdapat sebuah harapan untuk masyarakat dapat membangun dan mengembangkan Pulau Numfor dengan pemanfaatan potensi sumber lautnya dan dapat dijadikan sebagai pulau wisata bahari. Kerjasama yang dilakukan antara pemerintah dengan masyarakat sekitar disertai dengan sumberdaya lautnya yang menjadi dasar perencanaan serta didukung dengan potensi sumberdaya daratannya, realitas sosial budaya, dan ekonomi masyarakat pasti dapat tercapai.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY