Objek Wisata Di Kepulauan Aru

0
2797

Objek Wisata Di Kepulauan Aru – Kepulauan Aru merupakan suatu daerah Kabupaten hasil pemekaran dari Provinsi Maluku Tenggara dengan luas wilayah yang terbilang cukup kecil. Di sekitar pulau kecil tersebut terdapat banyak selat sebagai penghubung antara sungai dan laut dimana selat-selat tersebut menyimpan kekayaan bak sebagai ladang harta karun bagi masyarakatnya. Kepulauan Aru memang dikenal sebagai daerah yang menyimpan kekayaan laut seperti berbagai jenis ikan, berbagai jenis siput, mutiara, telur ikan, sirip hiu, kepiting, budidaya agar-agar serta masih banyak lagi.

Dobo merupakan sebuah kota kecil yang sekaligus sebagai pusat aktivitas di Kepulauan Aru, disekitarnya terdapat sejumlah desa yang menawarkan beragam potensi wisata yang menjadi andalan masing-masing. Salah satu objek wisata yang tersohor disana adalah Batu Goyang yang menyimpan keindahan pemandangan laut serta bibir pantai yang masih nampak terjaga asri. Sore hari menjadi waktu yang paling tepat untuk menikmati pesona Batu Goyang dengan pemandangan matahari terbenam serta berbagai jenis burung yang banyak berterbangan cukup rendah.

Keindahan

Batu Goyang tak hanya terkenal dengan keindahan alam wisatanya saja, namun masayarakat sekitar juga terkenal sebagai nelayan yang pemberani. Memang mayoritas masyarakat Batu Goyang berprofesi sebagai nelayan yang menggantungkan hidup mereka akan kekayaan laut. Yang menjadi pembeda nelayan Batu Goyang ddibanding nelayan dari daerah lain adalah mereka dikenal sebagai nelayan yang pemberani. Konon saat kondisi laut tengah tak bersahabat tepatnya ketika musim angin barat dengan ketinggian ombak mencapai tiga hingga empat meter, para nelayan tunjukkan keberaniannya dengan tetap mengarungi laut meski berbahaya demi mencari nafkah bagi keluarga.

Kepulauan Aru tak hanya dihuni oleh penduduk asli saja, namun saat ini sudah membaur dengan banyaknya penduduk pendatang. Namun jika dilihat dari aktivitas sehari-hari, sangat jelas perbedaan antara penduduk asli dan pendatang. Penduduk asli mayoritas berprofesi sebagai nelayan maupun petani serta sedikit diantara mereka yang menjadi putra daerah dengan menjabat di Pemerintahan Daerah. Sementara para pendatang justru di dominasi dengan profesi sebagai pegawai, pedagang, maupun pengusaha. Namun perbedaan ini mampu memberikan keseimbangan kehidupan masyarakat baik secara ekonomi maupun secara social.

Kondisi Masyarakat

Untuk segi kesehatan dari Kepulauan Aru saat ini masih terbilang cukup rendah. Banyak factor yang mempengaruhi tingkat kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan. Para tenaga medis pun seakan kurang mendapatkan kepercayaan sebab apabila mengalami sakit, masyarakat kebanyakan masih mempercayai bahwa hal tersebut dikarenakan gangguan dari jin maupun roh nenek moyang mereka sehingga masih banyak terdapat praktek pengobatan penyakit yang masih menggunakan cara tradisional sesuai dengan kepercayaan maupun ritual adat.

Aktivitas Masyarakat

Dalam menjalankan roda perekonomian sehari-hari, dalam mencukupi kebutuhannya masyarakat desa yang berprofesi sebagai nelayan maupun petani biasanya akan pergi kekota sesuainya musim panen untuk menjual hasil panen mereka. Berbagai bahan kebutuhan pokok pun mereka beli dikota untuk nantinya ganti dibawa pulang. Kepulauan Aru sebanarnya memiliki potensi besar untuk lebih mengembangkan kesejahteraan daerah mereka. Banyak wilayah di Kepulauan Aru yang sebenanrnya memiliki pesona wisata indah yang bisa diunggulkan sekaligus daya tarik daerah mereka, sayangnya saat ini hal itu belum mendapat perhatian lebih baik dari masyarakat sekitar maupun Pemerintah Daerah.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY