Objek Wisata Pantai Trikora Kepulauan RIau

0
967

Objek Wisata Pantai Trikora – Kepulauan RIau – Trikora merupakan objek wisata menarik yang sangat sayang kalau dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Pulau Bintan. Pesona alamnya yang masih alami dengan ombak landai dan hamparan pasir putih membuat liburan Anda semakin mengesankan. Pantai ini sangat menarik, karena terdapat banyak pepohonan yang sangat teduh yang melengkapi santai Anda bersama air kelapa yang menyegarkan. Di sini, Anda bisa menikmati olahraga air seperti kano, speedboat dan lain sebagainya.

ASAL USUL

Banyak orang yang berpendapat bahwa nama Trikora berasal dari three coral. Akan tetapi, pendapat lain mengatakan nama tersebut berkaitan dengan Tri Komando Rakyat atau TKR, sebab Pulau Bintan pernah menjadi wilayah pertahanan terluar di Indonesia saat pemerintahan Presiden Soekarno dahulu.

KEINDAHAN TRIKORA

Trikora merupakan pantai dengan segala keindahan. Hal itu dapat dilihat mulai dari hamparan pasir putihnya yang membentang dengan garis pantai mencapai 25 km. Di sekitarnya dikelilingi batu-batu besar, bersanding dengan ribuan pohon kelapa dan dilengkapi dengan semilir angin yang seolah memberikan ucapan selamat datang. Pantai Trikora ini bagaikan tulang rusuk Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Sebab, ia menyempurnakan pulau tersebut. Bisa diketahui dari banyaknya pengunjung yang datang, bahwa Pantai Trikora ini memang sangat digemari.

KESERUAN BERSAMA NELAYAN

Di sini Anda bisa menemukan deretan perangkap ikan atau kelong yang sangat menarik. Kelong adalah bangunan kayu untuk memasang jaring di tengah laut. Kapal-kapal berjejer menunggu para nelayan menangkap ikan bilis atau teri yang cukup terkenal di Bintan. Anda pun bisa menyewa perahu serta kelong untuk menangkap ikan. Rasakan keseruan menjaring ikan bersama para nelayan di malam hari, ketika para ikan sedang berkumpul.

GOA SANTA MARIA

Yang lebih istimewa lagi adalah adanya Goa Santa Maria di seberang pantai. Goa tersebut dibangun oleh pengungsi Vietnam yang ingin berlindung dari peperangan di negaranya. Di dalam goa tersebut terdapat pohon besar serta dedaunan yang menggantung di mulut goanya. Bunga Bougenvil yang berwarna-warni semakin mempercantik lokasi tersebut. Di sekitarnya juga terdapat gereja putih kecil yang digunakan mereka sebagai tempat berdoa dengan khusyu’.

LOKASI DAN TRANSORTASI

Pantai Trikora berada di Desa Malang Rapat, Gunung Kijang, Pulau Bintan, Kepulauan Riau atau sekitar 45 km ke timur Tanjungpinang. Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa berangkat dari Tanjungpinang ke perbatasan Kabupaten Bintan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun mobil sewaan. Jangan khawatir karena jalanan menuju ke lokasi sudah lebar dan bagus serta bisa dilalui kendaraan roda empat. Ongkos untuk menyewa mobil di sana kurang lebih Rp300.000,-.

FASILITAS

Dengan keindahan yang sedemikian rupa, tidak wajar kalau pulau ini tidak memiliki fasilitas yang menarik pula. Terdapat pondok peristirahatan di sekitar pantai yang disewakan dengan tarif Rp30.000. Restoran dengan hidangan menarik, seperti masakan laut khas Sumatera, otak-otak dan lainnya juga bisa Anda cicipi. Kalau ingin menginap, Anda bisa mencoba hotel mewah sampai guesthouse yang mematok tarif mulai dari Rp250.000/malam. Toilet umum berbayar pun disediakan di sana dengan baik.

Dengan adanya keindahan alam serta fasilitas yang mendukung, dijamin liburan Anda ke Pantai Trikora tidak akan membosankan. Buktikan saja segera dengan mendatanginya. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY