Objek Wisata Pulau Osi, Kecil Wilayahnya Besar Potensinya

0
952

Objek Wisata Pulau Osi, Kecil Wilayahnya Besar Potensinya – Secara geografis, Pulau Osi terletak di daerah Kabupaten Seram Barat Provinsi Maluku. Pulau ini tergolong dalam pulau kecil sebab hanya memiliki luas wilayah sembilan hektar saja dimana panjangnya mencapai 600 meter sedangkan lebarnya 200 meter. Meskipun kecil, namun Pulau Osi tak bisa dipandang sebelah mata sebab disana menyimpan banyak kekayaan alam khususnya untuk laut sekitar pulau tersebut yang sangat berlimpah. Kawasan tersebut menawarkan pemandangan alam bawah laut yang berupa kumpulan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik sebagai hunian nyaman bagi berbagai spesies ikan.

Pulau Osi masuk dalam ruang lingkup daerah Taman Wisata Alam Laut dari Kepulauan Marsegu bersama sejumlah pulau kecil lain disekitarnya yang jika ditotal memiliki luas wilayah hingga mencapai 11.000 hektar. Masyarakat yang mendiami pula tersebut mayoritas berprofesi sebagai nelayan yang menggantungkan hidup mereka akan kekayaan laut. Tak hanya menangkap ikan laut saja, namun juga banyak diantara mereka yang kini tengah mengembangkan budidaya rumput laut sebagai jalur mata pencaharian lainnya. Selain itu disekitar pulau juga bisa dijumpai sejumlah keramba sebagai wadah untuk budidaya ikan yang nantinya tak hanya dijual dalam bentuk mentah namun juga berupa hidangan masakan yang menjadi daya tarik dari sejumlah rumah makan disana sebagai wisata kuliner.

Keunikan Satwa

Ikan Saroa begitu masyarakat sekitar menyebutnya yang merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi ciri khas pulau tersebut.  Ikan Saroa memang unik yakni terdapat sejumlah bulu berduri yang membalut tubuhnya, namun ikan ini sering kali dikonsumsi oleh masyarakat yang konon diyakini dapat meningkatkan stamina stamina. Untuk mencapai Pulau Osi dapat menggunakan perahu kecil yang berangkat dari Puala Seram. Namun pulau tersebut sedikit sulit dijangkau apabila air laut tengah surut sebab hamparan pantai disana memiliki kedalaman yang dangkal dan berlumpur.

Masyarakat

Menurut catatan, pulau itu saat ini dihuni sekitar 100 kepala keluarga dimana penduduk lebih didominasi warga pendatang dari Sulawesi Tenggara yang telah lama mendiami tempat tersebut serta sudah hidup dalam beberapa generasi. Namun kini sudah banyak warganya yang dipindahkan ke Pulau Seram lantaran luas wilayah ulau yang kecil serta tidak memungkinkan untuk menampung perkembangan jumlah penduduk yang terus meningkat. Dahulunya Pulau Osi tidak memiliki sumber mata air tawar, sehingga untuk konsumsi minum masyarakat memperolehnya dengan mengambil dari Pulau Seram atau Pulau Marsegu. Namun kini sudah ada bantuan yang mampu mendestilasi air laut menjadi air tawar.

Keistimewaan Di Dalamnya

Pulau Osi saat ini menjadi salah satu destinasy wisata alam andalan dari Maluku berupa pesona alam sekitar serta pantai yang masih terlihat asri nan alami disertai dengan jalanan yang terbuat dari jembatan kayu dikelilingi oleh hutan mangrove. Di pulau tersebut juga sudah terdapat sejumlah penginapan yang dibangun diatas air laut serta restaurant yang akan membuat liburan para pengunjung semakin lengkap.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY