Pancaran Keindahan dari Kepulauan Karimunjawa

0
652

Pancaran Keindahan dari Kepulauan Karimunjawa – Karimunjawa merupakan destinasi wisata yang sangat populer di Jepara. Saat ini, tempat tersebut telah menjadi cagar alam laut yang dilindungi dan populer serta disebut Taman Nasional Karimunjawa. Terdapat lebih dari 20 pulau kecil di kepulauan ini.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Karimunjawa berada di wilayah kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 83 km di arah barat laut kota Jepara. Untuk menuju ke lokasi, Anda dapat melalui jalur laut menggunakan kapal Bahari Express sekitar 2 jam perjalanan dari Pelabuhan Kartini Jepara. Tarifnya sekitar Rp100.000-Rp200.000. Kapal motor juga sudah disewakan, seperti kapal motor cepat Kartini dan Muria yang masing-masing dapat menempuh perjalanan sekitar 4 dan 6 jam sampai ke pelabuhan. Ongkosnya hampir sama dengan kapal Bahari.

Transportasi udara juga tersedia untuk mencapai lokasi. Anda bisa berangkat dari Bandara Ahmad Yani Semarang kemudian memesan tiket maskapai Wings Air, Merpati Airlines atau Sky Aviation dan sampai di Bandara Dewandaru yang ada di Pulau Kemujan, Karimunjawa. Selanjutnya, Anda tinggal menyewa kapal motor untuk mengelilingi pulau-pulau lainnya.

ASAL USUL

Nama Karimunjawa ini diberikan oleh Syekh Amir Hasan, putera Sunan Muria yang juga merupakan murid Sunan Kudus. Karena nakal, kemudian Syekh Amir Hasan dibuang ke kepulauan yang jika dilihat dari kejauhan hanya terlihat kerimun atau samar-samar. Oleh karena itulah, kemudian kepulauan ini dinamakan Karimunjawa.

KEPULAUAN KARIMUNJAWA

Secara keseluruhan, terdapat 27 pulau kecil di kepulauan ini. 5 di antaranya berpenghuni, sedangkan yang lainnya kosong. Terdapat 90 jenis karang laut serta 240 jenis ikan di sini. 133 genera akuatik juga ada di kepulauan ini. Anda juga bisa menemui satwa darat, seperti rusa, penyu, kera, aneka burung dan lain-lain. Hutan mangrove dan juga hutan pantai turut mendominasi wilayahnya. Dan jika ditotal, Karimunjawa memiliki luas area sebesar 107.225 hektar.

WISATA

Saking indahnya kepulauan ini, Anda sampai tidak mau meninggalkannya. Beberapa kegiatan unik ini mungkin bisa Anda coba untuk sekedar menghibur diri sebelum meninggalkan pulau dengan sejuta pesona ini. Berenang Dengan Hiu blacktip reef shark jinak yang suka dengan perairan dangkal berpasir di Pulau Menjangan Besar. Snorkeling di berbagai penjuru lokasi wisata, seperti di Pulau Menjangan Besar dan Kecil, Pulau Tengah, Pulau Cemara Besar dan Pantai Tanjung Gelam. Semuanya berair jernih dan bersih. Menikmati Keindahan Karang dan Ikan Hias di Pulau Menjangan Kecil di bagian yang kedalaman air lautnya dangkal. Ke Dataran Gosong yang merupakan dataran berpasir yang menyembul ke permukaan laut ketika air sedang surut di pagi hari. Diving di Bangkai Kapal Karam yang ada di Karang Kapal, Bangkai Kapal Indonoor, Bangkai Kapal Biblis, dan juga Bangkai Kapal Pinisi. Penginapan Terapung Wisma Apung atau Kura-kura Resort merupakan tempat menginap yang patut Anda coba.

Selamat menghabiskan waktu di Karimunjawa pada hari libur. Dengan mengagumi keindahan lokasinya serta menikmati waktu bersama keluarga akan membuat Anda puas. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY