Pangandaran, Tempat Mengistirahatkan Semua Beban

0
644

Pangandaran, Tempat Mengistirahatkan Semua Beban – Pantai yang disebut sebagai kota nelayan ini memiliki pemandangan yang memukau dengan pasir pantai yang berwarna hitam putih. Panorama sunset dan sunrise di Pangandaran sangat memukau dan tidak kalah dengan yang ada di Kuta.

PANGANDARAN YANG MENAWAN

Pantai yang dihuni penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan ini memiliki pemandangan yang khas. Wajar saja jika pengunjung betah dan tidak ingin segera pulang. Beberapa spot yang menarik, antara lain Pantai Pananjung dan Pantai Timur. Pantai Pananjung merupakan bagian barat Pangandaran. Pantai dengan ombak yangcukup tenang ini sangat cocok untuk bersantai dan berenang serta menghabiskan waktu bersama keluarga. Terdapat hutan di perbukitan yang merupakan cagar alam. Terdapat hewan menarik di tempat tersebut serta goa yang berbentuk akibat proses alam juga air terjun di atas bukit yang cantik.

Pantai Timur yang biasa disebut surga penggila seafood ini memang dibenarkan adanya. Sebab, terdapat banyak warung makan atau restoran dengan olahan hasil laut. Anda pun bisa mengunjungi pasar ikan segar yang menyediakan ikan tangkapan nelayan dari laut. Di pantai ini, Anda dapat bermain jet ski serta banana boat.

KEGIATAN

Sembari menikmati pemandangan yang ada, Anda bisa berjalan-jalan dan berkeliling bersama keluarga. Kalau ingin merasakan berkeliling pantai dengan sepeda, di sana sudah menyewakannya untuk Anda. Mulai dari BMX sampai sepeda standar. Hanya dengan Rp20.000 Anda sudah bisa membawa sepeda tersebut berkeliling bersama Anda. Atau mengelilingi laut dengan pesiar, memancing, melakukan parasailing atau bermain jetski.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Terdapat tempat belanja souvenir di kawasan pantai, mulai dari topi, celana, baju dan pakaian renang. Pernak-pernik serta kerajinan juga bisa Anda temukan disini. Untuk akomodasinya, tersedia sejumlah hotel dan penginapan yang bisa Anda pilih, seperti Sun In Pangandaran Hotel, Pondok Wulan Guesthouse dan The Arnawa Hotel.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pantai Pangandaran berlokasi di Desa Penanjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 223 km dari Bandung dan 400 km dari Jakarta. Untuk sampai di lokasi, Anda memiliki beberapa alternatif. Dengan kendaraan pribadi, kendaraan umum ataupun menyewa kendaraan dari rental dan agen travel. Jika menggunakan alternatif kedua, yaitu kendaraan umum, silahkan naik bus dari Kampung Rambutan-Pangandaran. Namun, beberapa bus tidak langsung ke Pangandaran, melainkan ke Ciamis, Tasikmalaya atau Banjar. Dengan perjalanan sekitar 7-8 jam Anda hanya membayar Rp60.000-Rp80.000.

Jika Anda dari Bandung naik bus saja dari terminal bus Cicaheum. Kemudian Anda bisa meneruskan dengan kendaraan lain seperti ojek dan angkutan umum lainnya. Namun, bila Anda memilih alternatif yang lain, yaitu menyewa mobil, Anda akan merogoh dompet sebesar Rp1.000.000 lebih yang sudah termasuk bensin dan supirnya.

TIKET MASUK

Untuk masuk ke area pantai ini, Anda akan dikenai biaya sebagai berikut: Pejalan kaki Rp3.000 per orang, Rp7.000 untuk sepeda motor, Rp28.000 untuk jeep atau sedan, Rp35.000 untuk kendaraan jenis Carry, kendaraan penumpang besar Rp40.000, bus kecil Rp80.000, bus sedang Rp105.000 dan bus besar sekitar Rp170.000.

Sekian info wisata dari Pantai Pangandaran, semoga bermanfaat bagi Anda dan sampai jumpa di destinasi berikutnya. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY