Pemandian Air Panas Simpang Balik, Penyembuh Reumatik

0
1422

Pemandian Air Panas Simpang Balik, Penyembuh Reumatik – Salah satu keuntungan bermukim di kompleks gunung api di samping memberikan rasa khawatir terhadap kemungkinan terjadinya letusan adalah memberikan kemudahan bagi warga sekitar berupa lahan yang subur dan air yang hangat yang bisa dinikmati setiap saat. Tak terkecuali dengan penduduk kompleks Geureudong ini.

Di tempat tersebut terdapat pemandian yang bernama Simpang Balik. Kolam air panas itu memiliki sumber air yang bersih dan tak berbau. Serta airnya sangat menggiurkan bagi pecinta spa air panas. Ingin mencobanya? Datang saja ke Bener Meriah untuk membuktikannya.

SUMBER MATA AIR

Sumber mata air di pemandian air panas Simpang Balik ini tidak jauh dari lokasi. Sekitar 5 meter di belakang mushola. Jika Anda mencoba menengok sumber air tersebut dari balik teralis besi yang digunakan untuk pengamanan, Anda akan melihat aliran air deras yang menggelegak dan tak pernah berhenti disertai asap belerang. Panasnya minta ampun dan akan menyengat hidung. Hati-hati saja, jangan sampai Anda kecipratan nantinya.

PENYEMBUH PENYAKIT PALING AMPUH

Warga sekitar percaya jika Anda mandi di kolam air panas Simpang Balik akan mengobati penyakit gatal-gatal dan reumatik. Hal itu sudah dibuktikan oleh beberapa orang. Bagaimana dengan Anda? Inginkah membuktikannya juga?

FASILITAS DI PEMANDIAN

Hampir semua tempat wisata pasti punya fasilitas untuk memberi kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Tak terkecuali dengan kolam air panas Simpang Balik. Di tempat wisata ini terdapat dua kolam, yakni untuk perempuan dan laki-laki. Jadi, pemandiannya terpisah. Mungkin agar tidak berbaur menjadi satu. Dan di dalamnya juga ada toilet dan WC sekaligus mushola. Penjual makanan juga banyak yang berkumpul di depan pemandian, Anda tak perlu khawatir kelaparan lagi. Andapun bisa berendam sambil menikmati jagung bakar yang ditawarkan oleh penjual makanan di sekitar lokasi.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pemandian atau kola air panas Simpang Balik ini berada di Jalan Takengon-Bireuen Simpang Balik Kabupaten Bener Meriah. Jaraknya dari kota Takengon sekitar 25 km dan 75 km dari kota Bireuen. Serta dari Rembele Airstrip yang dapat didarati Fokker hanya sekitar 5 km dari pemandian ini. Untuk pengunjung yang menggunakan pesawat kecil dari Medan ke Rembele Airstrip, perjalanan Anda hanya sekitar satu jam saja. Sedangkan dari Rembele Airstrip ke pemandian ini Cuma seperempat jam. Untuk menaiki pesawat itu sendiri, Anda dikenai biaya Rp350.000,- per orang. Namun, jika Anda melakukan perjalanan dari Takengon dengan kendaraan umum, ongkosnya sekitar Rp10.000-Rp25.000,-.

TIKET MASUK

Setiap kendaraan yang masuk di area kolam pemandian, baik roda dua maupun roda empat akan dikenai ongkos sebesar masing-masing Rp2.000,- dan Rp5.000,-. Itu merupakan biaya parkir sekaligus biaya mandi dan berendam di air panas Simpang Balik.

TIPS

Bagi Anda yang datang ke kolam pemandian Simpang Balik ini, jangan langsung nyemplung mengingat terkadang suhunya sangat tinggi. Biasanya mencapai 50 derajat Celcius. Maka dari itu, biarkan semua dilakukan secara bertahap, dengan memasukkan kaki pelan-pelan di dalam kolam, kemudian memercikkan ke seluruh tubuh, dan pada saat tubuh sudah mulai menyesuaikan diri, barulah Anda bisa turun ke kolam tersebut.

Sekian info dari pemandian air panas Simpang Balik, semoga bermanfaat untuk Anda. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY