Wisata Ekstrim Pendakian Gunung Rinjani

0
631

Wisata Ekstrim Pendakian Gunung Rinjani – Akhir-akhir ini, pendakian merupakan aktivitas yang sedang digemari. Banyaknya tayangan atau juga film yang menayangkan serunya melakukan pendakian membuat banyak orang ingin mendaki gunung. Gunung di Indonesia yang menjadi favorit pendakian adalah gunung Semeru, gunung Agung, Gunung Gedhe, gunung Sumbing, Gunung Sindhoro, Gunung Lawu, Gunung dan gunung Merbabu.

Banyak kisah mewarnai aktivitas pendakian gunung. Mulai dari korban hilang akibat tersesat, korban tewas akibat kelelahan dan kekurangan air, dan juga pendakian yang menyebabkan banyaknya sampah di mana-mana. Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung yang paling diminati para pendaki. Langsung saja kita simak ulasan gunung Rinjani yang ada di Lombok:

Pemandangan nan menawan

Gunung Rinjanimerupakan gunung yang berada di Pulau LombokNusa Tenggara Barat. Gunung rinjani adalah gunung api aktif  kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl serta berada di garis lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT. Gunung rinjani favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangan yang elok. Gunung ini ialah bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang luasnya sekitar 41.330 hektar.

Keunggulan Puncak Gunung Rinjani

Puncak gunung Rinjani terkenal akan keindahan pemandangannya. Negeri di atas awan dan juga sensasi naik gunung akan terbayar saat berada di puncaknya. Sebelum sampai di puncak gunung Rinjani, kita akan melalu perjalanan yang sangat panjang dan juga sangat melelahkan. Berbagai pos akan menyambut kedatangan kita. Suatu kebanggan apabila sudah sampai di puncak gunung Rinjani. Kita akan menemukan sensasi  yang berbeda dari atas puncak gunung Rinjani.

Biaya Akomodasi ke Gunung

Hal yang paling penting pada sebuah perjalanan adalah biaya akomodasi. Untuk bisa pergi ke Lombok kita sebaiknya memiliki perencanaan yang cukup matang. Misalnya saja kita berangkat dari kota Solo Jawa Tengah. Kita perlu menuju Banyuwangi dengan kereta misalnya kelas ekonomi dengan biaya 90K, lalu dilanjutkan dengan naik kapal feri ke pulau Bali 6500 yang dibebankan pada satu orang. Setelah itu penyebrangan dilakukan untuk dapat mencapai padangbay denga tiket 50k. Setelah itu perjalanan padangbay ke Lambar 40k. Biaya pendaftaran 2500. Kurang lebih itu untuk perjalanan berangkat ke gunung Rinjani. Tak hanya itu saja, persiapan fisik tak kalah penting untuk menjaga anda agar tak jatuh sakit saat disana.

Gunung Rinjani adalah gunung yang memiliki ketinggian yang sangat menantang. Tak perlu alat bantu, namun cukup stamina, semangat, dan persiapan fisik serta mental untuk menghadapi beratnya medan. Bagi anda yang belum pernah mencoba naik gunung, ada baiknya anda mencoba trek gunung yang masih di bawah Rinjani. Hal ini sebagai salah satu cara untuk pemanasan bagi fisik anda dan sebagai bekal pengalaman. Selamat mencoba mendaki, dan jangan merusak alam kita yang tercinta.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY