Pendakian Menuju Burni Telong

0
1593

Pendakian Menuju Burni Telong – Burni Telong dalam bahasa Indonesia di artikan sebagai gunung yang terbakar. Gunung Burni Telong merupakan gunung yang masih aktif dan pernah meletus pada 7 Desember 1924. Letusan tersebut mengakibatkan berbagai kerusakan di sekitarnya. Gunung dengan ketinggian 2.600 mdpl ini berada di Bener Meriah, Aceh. Walaupun begitu, gunung ini masih menjadi salah satu surga pendaki bagi pecinta alam.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Gunung Burni Telong terletak di Kabupaten Bener Meriah, tepatnya 5 kilometer dari Redeolong, ibu kota kabupaten Bener Meriah dan Bandar Udara Rembele. Untuk menuju ke tempat tujuan, ada beberapa jalur. Salah satunya adalah Jalur Edelwais. Jalur ini di awali dengan jalan aspal, mulai dari jalan simpang utama Takengon-Bireuen sampai ke lereng Burni Telong, desa Bandar Lampahan, Timang Gajah yang berjarak 3 km. Anda bisa menggunakan kendaraan umum, seperti ojek atau becak motor saja untuk ke sana. Karena dengan begitu, akan dapat memandangi keindahan alam yang ada. Ongkosnya sekitar Rp5.000-Rp15.000,-.

PENDAKIAN MENUJU PUNCAK

Pinto Rimba merupakan pertanda batasan utama memasuki belantara Burni Telong. Berbagai suara hewan liar mulai terdengar. Pepohonan, semak belukar terbungkus kabut dengan rapinya. Di shelter ini, Anda bisa beristirahat dan menuju mata air untuk mengisi persediaan Anda. Setelah itu, tanjakan semakin menantang. Ranting kayu sebagai alat bantu dan Anda telah melewati medan yang ekstrim. Perhatikan langkah, jangan sampai terkena batang tumbuhan berduri serta serangga di sekitar. Sampai di dua shelter berikutnya, bisa beristirahat lagi.

Sampai di shelter ke empat, hawa dingin mulai terasa. Lahannya lebih lapang daripada sebelumnya. Disitu Anda bisa berkemah dan mengumpulkan beberapa persediaan untuk di puncak. Pendakian berikutnya, Anda akan menjejaki bebatuan tanpa ada hutan lagi, hanya terdapat tumbuhan sepinggang orang dewasa. Anda akan menemukan gua, seperti batu yang bersandar dan memiliki celah di bawahnya. Di situlah Anda bisa memasang tenda dan menikmati pemandangan Bener Meriah dari ketinggian. Beberapa langkah lagi, Anda akan sampai di puncak dan menikmati pemandangan yang mengagumkan.

PEMANDANGAN BUNGA EDELWAIS

Ketika Anda melakukan perjalanan menuju jalur edelwais, jangan lupa menikmati pemandangannya dengan memfoto bunga tersebut sebagai kenang-kenangan, bahkan bisa dijadikan salah satu karya fotografer. Masyarakat setempat percaya bahwa bunga tersebut merupakan bunga abadi.

KAKI GUNUNG

Jika Anda tidak kuat sampai ke puncak, di kaki gunung terdapat tempat wisata yang juga lumayan terkenal, yaitu pemandian air panas Simpang Balik. Anda bisa berhenti dan beristirahat di tempat itu sembari menghangatkan badan dan berendam di kolamnya.

TIPS

Jika Anda ingin melakukan pendakian, sebaiknya berkonsultasi dahulu kepada penduduk atau pemuda sekitar. Dan mengajak mereka ikut serta, karena mereka tahu betul jalur pendakian Gunung Burni Telong. Kondisi lapangan untuk mencapai ketinggian agak terjal, namun jalur ini merupakan pilihan favorit pendaki gunung.

Akhir kata dari kami, selamat berlibur dan menikmatinya secara bebas. Jangan lupa ajak serta keluarga dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY