Pendakian Menuju Keagungan Kerinci

0
1467

Pendakian Menuju Keagungan Kerinci – Gunung Kerinci adalah gunung api tertinggi di Indonesia. Gunung ini dikelilingi oleh Taman Nasional Kerinci Seblat yang juga merupakan bagian dari pegunungan Bukit Barisan di Kerinci, Jambi. “Sekepal Tanah Surga yang tercampakkan ke Bumi” merupakan julukan dari gunung tersebut.

KEINDAHAN KERINCI

Pemandangan Gunung Kerinci

Gunung Kerinci memiliki tinggi 3.805 mdpl dan memanjang dari utara ke selatan dengan panjang 23 km dan lebar 13 km. Luas kawahnya 600 meter dengan air berwarna kekuningan yang menawan. Beragam flora, seperti raflesia, mahoni, dan suweg raksasa tumbuh di kawasan ini. Tapir, kus-kus, siamang, gajah, monyet ekor panjang, gibbon dan lebih dari 100 jenis burung hidup di wilayah yang masih sangat alami ini.

JALUR LENGKAP PENDAKIAN

Pendakian selama dua hari tersebut dimulai dari Pos Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro. Kemudian menuju TNKS atau R10 dengan melewati perkebunan teh sekitar 1 jam. Lalu sampai di Pintu Rimba sekitar 1 jam juga melalui jalur beraspal. Berikutnya di Pos Bangku Panjang dengan jarak 2 km dari Pintu Rumba. Jalur ini sedikit landai dan memiliki 2 shelter. Setelah itu Anda harus menuju Batu Lumut sekitar 1 jam juga. Lalu ke Pos 1 sekitar 2 jam dengan medan terjal dan kemiringan 60 derajat. Terdapat pondok untuk beristirahat.

Setelah itu baru ke Pos 2 sekitar 2 jam bermedan landai. Kemudian ke Pos 3 sekitar 3 jam. Anda bisa mendirikan tenda untuk bermalam di sini. Keesokan harinya, lanjutkan perjalanan sampai ke Pos 4 yang merupakan pos terakhir sebelum menuju puncak. Sampailah Anda di puncak agung sang Kerinci!

PENGALAMAN MENDAKI

Gunung ini adalah salah satu yang digemari pendaki dan pecinta alam, baik dari Indonesia maupun mancanegara. Dengan jalur pendakian yang lengkap, mulai dari beraspal, aliran sungai kecil, berbatu cadas, jalur pasir, rumput, pepohonan tinggi sampai tanjakan dengan kemiringan 60 derajat. Pendakiannya memakan waktu selama dua hari. Namun, hal itu tidak membuat Anda lelah, sebab selama pendakian Anda akan menemukan hal yang menantang serta satwa penghuni hutan dan beberapa pepohonan yang tentunya menyejukkan.

Terlebih ketika Anda mendengarkan kicauan burung juga suara binatang hutan yang bak musik paling merdu. Saat Anda bertemu mata air pegununungan, disitulah Anda seperti menemukan cinta yang lama hilang. Setibanya di puncak, seolah semua beban terangkat dan berganti dengan sensari seperti yang dirasakan ketika Anda melakukan spa tubuh.

PEMANDANGAN DARI PUNCAK

 

Anda akan melihat kawah gunung Kerinci yang indah juga pemandangan kota Jambi dan sekitarnya, termasuk danau yang ada serta Samudera Hindia yang membentang luas di kejauhan. Hal seperti inilah yang membuat Anda lupa akan beban yang semula menggelayuti badan.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Persiapan sebelum melakukan pendakian adalah beristirahat yang cukup. Kalau Anda membutuhkan tempat untuk beristirahat, Paiman Guess House dan Subandi Guess House menyediakannya untuk Anda. Mereka juga menyewakan peralatan camping, pendakian dan peralatan lainnya yang Anda butuhkan.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Anda dapat memilih dua jalur alternatif untuk menuju Gunung Kerinci. Pertama, dari Padang menggunakan bus umum jurusan Padang-Sungaipenuh kemudian turun di Desa Kersik Tuo. Kedua, melalui Jambi dengan bus ke Muara Bungo dilanjut menggunakan minibus sampai ke Sungaipenuh. Ongkos untuk transportasi Anda di atas sekitar Rp7.000-Rp55.000 saja. Atau lebih gampangnya, sewa saja jasa travel. Akan lebih gampang juga serta nyaman untuk Anda. Dengan ongkos kurang lebih Rp100.000 Anda sudah bisa sampai di lokasi.

Selamat berlibur dan mendaki Gunung Kerinci. Sampai jumpa di destinasi Jambi berikutnya dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY