Pesona Alam Air Terjun Blang Kolam

0
853

Pesona Alam Air Terjun Blang Kolam – Air terjun yang berada di Desa Sido Mulyo ini memili pesona tersendiri. Bagaimana tidak? Untuk mencapainya, Anda harus melewati tangga-tangga yang sudah berumur. Tangganya pun licin dan sudah tua. Jadi, akan menjadi petualangan tersendiri, dong. Silahkan simak penjelasannya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Air terjun Blang Kolam terletak di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. Jaraknya sekitar 21 km dari kota Lhokseumawe. Untuk menempuh perjalanan ke sana, bisa menggunakan jalur Cunda kota Lhokseumawe, Kandang Aceh Utara atau kawasan Muara Satu kota Lhokseumawe. Kondisi jalannya cukup licin dan terjal, sehingga harus berhati-hati. Namun, petunjuk untuk menuju air terjun sangat jelas, sehingga Anda tidak perlu bertanya kepada warga sekitar.

Perjalanan ke Blang Kolam bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Namun, di sekitar jalan Blang Kolam sulit ditemui angkutan tersebut. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan jasa becak motor atau ojek dengan tarif sekitar Rp10.000-Rp25.000 sampai di pinggir jalan Desa Sidodadi.

MENYUSURI TANGGA-TANGGA

Ketika sudah sampai di tempat parkir, yakni di Desa Sidodadi, Anda sudah bisa melihat gerbang yang akan membawa Anda ke air terjun tersebut. Terdapat jalan setapak yang berupa tangga yang menanjak dan menurun. Tangga tersebut berjumlah 660 buah yang dibuat pada tahun 70 an. Walaupun sedikit melelahkan, namun pemandangan yang disuguhkan akan mengobati kelelahan Anda tersebut. Jangan lupa, ketika di gerbang, Anda harus membayar biaya sebesar Rp2.000,- untuk kebersihan.

ASRINYA AIR TERJUN BLANG KOLAM

Ketinggian air terjun Blang Kolam mencapai 75 meter. Air terjun dengan keindahan alami ini memang tampak asri. Sebab, lokasinya berada di bawah rimbunnya pepohonan. Suasana hutannya pun juga sangat alami. Pemandangan pedesaan yang disuguhkan membuat mata tidak kuasa menolak pandangan.

KEGIATAN DAN BERBAGAI FASILITAS

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di air terjun Blang Kolam adalah bersantai, bercengkrama sambil menikmati jernihnya air, dan menikmati grojogan air terjun tersebut. Jangan khawatir kalau baju Anda basah, karena di sekitar air terjun sudah ada toilet. Jadi, bawalah pakaian ganti dari rumah untuk memudahkan Anda agar bisa bermain air. Disitu juga sudah ada mushola serta aliran listrik yang dapat untuk mengisi baterai handphone maupun kamera.

Dengan biaya yang murah untuk berwisata di tempat ini, Anda juga mendapatkan keuntungan dalam keamanan. Tim keamanan tersebut akan dengan sigap menolong Anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Dikarenakan kondisi air terjun yang sekarang sedikit memprihatinkan, Anda harus berhati-hati ketika menyusuri setiap jalan yang ada agar tidak terpeleset. Banyak sekali lumut di sekitar tangga tersebut. Apakah hal itu mengurangi minat Anda untuk pergi ke Blang Kolam? Jika tidak, pergi berwisata saja ke sana, dan jangan lupa, Salam Ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY