Pesona Kebudayaan Suku Bajo di Desa Torosiaje

0
1356

Pesona Kebudayaan Suku Bajo di Desa Torosiaje – Torosiaje adalah sebuah desa yang ada di Provinsi Gorontalo. Desa ini berada di kabupaten Pohuwato dan terkenal sebagai objek wisata yang menyimpan keunikan. Desa ini dihuni oleh suku Bajo yang dikenal sebagai suku laut. Warga desa tersebut memang bermata pencaharian sebagai nelayan dan pembudidaya ikan.

ASAL USUL

Torosiaje berasal dari kata Tara yang dalam suku Bajo berarti tanjung dan Si Aje yang merupakan panggilan untuk Si Haji, nama warga pertama yang tinggal di daerah tersebut. Suku Bajo mempercayai bahwa aura perairan yang ada di desa Torosaije masih jernih serta aman dan nyaman untuk ditinggali anak-cucu kelak.

UNIKNYA

Warga desa ini tinggal di rumah panggung yang berada di atas air dan terhubung oleh gang selebar 2 meter. Yang unik adalah meskipun pemukiman tersebut berada di atas air, desa ini mempunyai lapangan bulu tangkis, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, gedung taman kanak-kanak dan juga masjid. Desa yang dihuni oleh 389 keluarga ini, seperti yang sudah dijelaskan di atas berprofesi sebagai pengais rejeki dari hasil laut. Keunikan lainnya juga datang dari masyarakatnya sendiri yang saat ini sudah beragam serta tetap menjalin keakraban antar sesama.

KEGIATAN WISATA

Anda dapat menyaksikan kehidupan masyarakat Suku Bajo sehari-harinya yang dilakukan di atas permukaan air. Hampir semua masyarakat melakukan kegiatan mengurus ikan yang dibudidayakan. Saat ini, desa tersebut tidak hanya didiami suku Bajo. Suku lain seperti Gorontalo, Mandar, Minahasa, Bugis, Buton, Jawa dan Madura menjadi satu wilayah dengan suku Bajo yang tetap mendominasi. Walaupun begitu, Anda masih bisa melihat kerukunan hidup masyarakat yang tercipta dengan baik.

FASILITAS

Seperti objek wisata lainnya, Desa Torosiaje memiliki fasilitas untuk para wisatawan yang ingin menginap. Dua penginapan di desa ini mematok biaya sewa sekitar Rp100.000-Rp200.000 per malamnya. Salah satunya merupakan milik pemerintah, sedangkan yang lain adalah bangunan yang dibangun oleh masyarakat. Karena jumlahnya yang sedikit, pengunjung kadang tidak kebagian tempat penginapan. Salah satu solusinya adalah menginap di rumah salah satu warga desa.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Desa Torosiaje terletak di Kecamatan Popayato, Puhowato dan membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam untuk sampai ke lokasi dari Kota Gorontalo. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi. Jika pilihan pertama yang Anda pilih, berangkat saja dari terminal 42 untuk menaiki angkutan dengan biaya sekitar Rp50.000-Rp100.000. Baru kemudian jika sampai di sisi desa, silahkan naik perahu dari Torosaije darat ke Torosaije laut dengan ongkos sekitar Rp20.000-Rp40.000,-.

Itulah tadi info wisata dari Desa Torosaije. Silahkan Anda melaksanakan liburan di minggu,bulan, atau tahun depan bersama keluarga. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY