Petualangan Arung Jeram di Sungai Alas

0
625

Petualangan Arung Jeram di Sungai Alas – Sungai yang ada di Aceh Tenggara ini memang sangat diminati oleh para pecinta petualang. Pasalnya sungai ini memiliki medan yang sangat diimpi-impikan mereka untuk berarung jeram. Pemandangan hutan tropisnya yang indah serta perkampungan masyarakat tradisional di sepanjang sungai merupakan hal baru bagi Anda. Arus sungainya pun tenang sampai deras dan jeramnya memberikan kenikmatan bagi seorang pemberani.

SUNGAI ALAS, SURGA PETUALANG

Sungai Alas memiliki arus yang tenang sampai deras. Panorama nan hijau yang ada di sekitarnya membuat mata tak henti-hentinya menyapa. Siapa sangka jika tempat ini dapat dilakukan untuk menguji adrenalin Anda. Ya, dengan berarung jeram dan menikmati bebatuan kali yang besar serta turut menjadi tantangan tersendiri. Perjalanan Anda akan dimulai dari Muarasitulan-Gelombang. Namun, jika Anda sudah profesional, bisa mencoba medan yang paling menantang dengan waktu yang lumayan lama, yaitu 3 hari. Dalam waktu tersebut, Anda dapat dengan bebas menjelajah, dan jika beruntung bisa bertemu satwa yang sedang memperhatikan Anda dari kejauhan.

ARUNG JERAM

Sungai Alas yang terletak di dalam Taman Nasional Gunung Leuser merupakan sungai yang selalu diimpi-impikan para pecinta arung jeram. Mereka ingin mengarungi sungai tersebut dikarenakan medannya yang memberi tantangan. Kategori kesulitan, yaitu kelas 2-3. Di kiri kanan sungai terdapat hutan lebat, sawah dan perkebunan. Pada salah satu titik, Desa Ketambe, Anda yang sedang berarung jeram dapat bertemu dengan orang utan, jika beruntung. Trip yang dapat Anda pilih, yaitu untuk perjalanan satu hari pengarungan dapat dimulaid ari Serkil-Ketambe atau Natam dekat Kutacane. Kalau memilih trip panjang, pengarungan dapat dimulai dari Ketambe-Gelombang.

Jalur tersebut merupakan jalur ekspedisi yang cukup menegangkan dan mengasyikkan. Anda akan melewati hutan tropis selama kurang lebih tiga hari penuh. Pada titik pemberhentian sudah disediakan pondok-pondok untuk bermalam.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Sungai Alas terletak di wilayah Taman Nasional Gunung Leuser. Untuk menuju ke objek wisata, Anda dapat menempuh dua jalur. Yang pertama jalur darat dari Medan melalui Berastagi dengan lama perjalanan 7 jam. Kedua, jalur darat dari Banda Aceh, Bireuen, Takengon dengan waktu 14 jam. Kalau dari Medan, jalannya masih belum bagus. Anda bisa menggunakan pesawat kecil melalui Bandara Alas Leuser yang lebih dekat. Biaya perjalanan Anda sekitar Rp50.000-Rp150.000,- untuk kendaraan daratnya. Akses untuk menuju ke lokasi, salah satunya adalah melalui Gurah di tengah lembah Alas. Gurah ini berada di antara kota Kutacane dan Blangkejaran, sebelah barat sungai. Informasi: Kantor Taman Nasional Gunung LeuserJl. Blangkejeren No.37 Tanah Merah Km. 3 Aceh.

Itulah info wisata dari Sungai Alas, Aceh. Silahkan Anda berkunjung kesana untuk menantang diri Anda dan membuktikan bahwa Anda memang seorang pemberani dan pengarung handal. Selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY