PPI Peudada Peristirahatan Yang Mempesona

0
636

PPI Peudada Peristirahatan Yang Mempesona – PPI Peudada merupakan pelabuhan yang berfungsi sebagai tempat pendaratan ikan. Pelabuhan ini dilantik oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono pada 2006 lalu. Selain sebagai peristirahatan dan pendaratan kapal, tempat ini juga dijadikan objek wisata oleh masyarakat sekitar. Kesejukan dan kesegaran udara yang ada di tempat tersebut membuat siapapun yang berada di sana tenang dan nyaman.

MENGENAL PPI PEUDADA

Tempat ini merupakan salah satu objek wisata bahari yang terletak di kecamtan Peudada. Tempat yang memiliki keindahan alam yang sejuk dan alami ini digunakan para nelayan untuk pulang pergi melaut. Oleh karena itu, tidak heran jika ditemukan para nelayan yang sedang melepas lelah di sekitarnya. Aliran sungainya yang bermuara ke Selat Malaka sangat cocok dijadikan jalur persinggahan kapal-kapal nelayan, baik lokal maupun interlokal.

KEGIATAN DI SEPUTAR LOKASI

Pengunjung yang datang ke lokasi ini biasanya memanfaatkan waktu untuk beristirahat menikmati udara sejuk yang berhembus. Ada pula yang memancing ikan, berlari-larian, bermain bersama kawan, bercengkrama dan sekedar bersantai saja. PPI Peudada ini bisa dijadikan tempat untuk mencari inspirasi, karena nyaman dan tenang. Walaupun para nelayan hilir mudik di tempat ini, tapi tidak mengganggu pengunjung yang datang.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

PPI Peudada berlokasi di sebelah barat kota Bireuen. Jaraknya sekitar 12 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Letaknya di jalur jalan Banda Aceh-Medan yang sangat strategis. Lama perjalanan yang ditempuh adalah sekitar 15-20 menit. Dan tarif untuk angkutan umumnya sekitar Rp5.000-Rp15.000,-.

KELILING SEKITAR KOTA

Jika sudah puas bersantai di PPI Peudada, alangkah lengkapnya jika berjalan-jalan di seputar kota Bireuen. Ada beberapa tempat yang wajib Anda datangi. Seperti toko souvenir, toko oleh-oleh camilan, baju, dan lain sebagainya. Untuk mengelilingi kota, Anda bisa menggunakan becak motor agar bisa melihat kota Bireuen secara lebih jelas. Ongkos untuk becak motor tersebut sekitar Rp7.000-Rp20.000,-.

HOTEL

Bagi para wisatawan yang lelah dan letih sehabis mengelilingi kota dan berwisata di Bireuen, ada baiknya untuk menginap di hotel yang memiliki fasilitas lengkap dan sesuai dengan keinginan Anda seperti Meuligoe Bireuen Hotel yang beralamat di Jl. Medan-Banda Aceh Cot Gapu Telp.0644-323303/22333. Fasilitas yang ditawarkan dengan rentang harga Rp200.000-Rp700.000 adalah sebagai berikut: AC, TV, Wi-Fi, Bathub, Water Heater, Cafe dan Restaurant, Parking area dan lain sebagainya.

Untuk melihat pemandangan serta kapal nelayan berlabuh dan pulang pergi di sekitar lokasi, tempat ini patut dipertimbangkan. Karena bagaimanapun masih banyak tempat wisata yang lebih unik dan bervariasi. Namun, PPI Peudada ini juga termasuk salah satunya. Jadi, Anda sudah siap, bukan untuk berwisata di Bireuen? Selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY