Pulau Komodo – Pulau Komodo adalah wisata unggulan yang dimiliki oleh Nusa Tenggara Timur yang sangat menakjubkan. Pulau ini adalah tempatnya habitat asli hewan komodo, yakni sejenis kadal dalam bentuk raksasa pemangsa daging. Disana terdapat lebih dari dua ribu ekor komodo yang hidup dialam lepas.

Activity

Inilah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di pulau Komodo seperti:

  • Melihat dan mengamati lebih dekat jenis hewan purba komodo dihabitatnya yang asli
  • Menikmati indahnya pantai di pulau Komodo dan Ranca.
  • Menyaksikan suasana latan pasir putih dan pasir merah muda disertai dengan deburan ombak yang dihiasi batu karang hingga menambah pesonanya.
  • Menyelam untuk menyaksikan keindahan panorama alam bawah laut
  • Bermain dengan ikan cantik yang suka bersembunyi dibalik terumbu karang
  • Pemandangan bebas penyu berenang dan ikan lumba-lumba yang sering muncul ketika wisatawan naik perahu

Transportasi dan Rute Perjalanan

Transportasi yang sebaiknya digunakan untuk mengunjungi pulau Komodo adalah transportasi umum dengan dua jalur yaitu laut dan udara. Ketika menggunakan jalur darat maka Surabaya merupakan daerah pertama yang harus dituju yang kemudian lanjut ke Banyuwangi untuk sampai ke pelabuhan Ketapang. Dengan angkutan kapal feri kamu dapat menuju pelabuhan Gilimanuk sekitar satu jam perjalanan. Setelah itu, perjalanan dilanjtkan menuju terminal Ubung Bali.   Sesampainya disana, kamu bisa langsung ke pelabuhan Padangbai kemudian menuju pelabuhan Lembar pulau Lombok dengan kapal feri lagi sekitar 4 jam.

Dari Lembar kamu harus melanjutkan perjalanan ke terminal Mandalika Mataram sekitar 2 jam lalu ke pelabuhan Kayangan dalam waktu 2,5 jam. Gerbang awal kota Sumbawa NTN adalah pelabuhan Pototano yang merupakan titik awal untuk dituju kemudian lanjut ke terminal Dara, Bima dan dilanjutkan lagi ke pelabuhan Sape. Dari pelabuhan Sape perlu menyewa perahu motor agar bisa sampai di pulau Komodo.

Alternatif lain adalah menggunakan transportasi udara dari bandara Juanda kemudian transit ke bandara Eltari, NTT hanya sekitar 2 jam.  Setelah tiba lalu dilanjutkan dengan menyeberang kepelabuhan yang ada di Flores. Namun bila start dari bandara Ngurahrai di pulau Bali, maka dapat langsung menuju Labuhan Bajo yaitu sebuah bandara dipula komodo.

Oleh-oleh khas

Warna-warni kaos dengan gambar komodo, patung komodo berbahan kayu, dan pernak-pernik cantik bertema komodo yang banyak sekali, kamu dapat membawanya pulang sebagai oleh-oleh yang bisa kamu beli di Loh Buaya dan Loh Liang yang merupakan penjualan cinderamata pusat disana. Kalitas yang dimiliki pun sangat baik, maka siapkan budged yang cukup untuk memborongnya.  

Tips Berwisata

  • Penting untuk berkeliling didampingi noleh pemandu demi keselamatan
  • Hindari suara gaduh saat trekking
  • Laporlah jika kamu adalah seorang wanita yang sedang haid karena komodo sangat peka terhadap darah haid

Wisata unggulan ini adalah wisata yang patut dibanggakan di Indonesia karena kelestarian hewan komodo yang berada disana dan menjadikan pulau tersebut sebuah tempat wisata unggulan yang menakjubkan. Kegiatan wisata yang bisa dinikmati disana pasti tidak akan membuat kamu bosan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY