Pulau Kumala Dengan Segala Sisi Yang Ada

0
800

Pulau Kumala Dengan Segala Sisi Yang Ada – Pulau yang memiliki luas 85 hektar ini pada awalnya merupakan sedimentasi lumpur yang membentuk tanah. Pulau ini memiliki keunikan, yakni tampak seperti perahu di tengah sungai. Sebelum berubah menjadi tempat rekreasi modern seperti sekarang ini, Kumala adalah sebuah tempat ratusan bekantan dan berbagai jenis reptil liar Kalimantan. Pulau ini mulai dikembangkan sejak tahun 2002 dan saat ini menjadi objek wisata favorit para turis.

WISATA

Taman Wisata Pulau Kumala ini disebut-sebut sebagai Disneyland kecil di Kalimantan Timur. Lokasinya yang ada di tengah sungai menjadikan taman ini berkesan sangat eksotis dan berbeda ketika Anda menikmati fasilitas yang ada. Fasilitas tersebut seperti Sky Tower yang bisa Anda gunakan untuk melihat seluruh pulau dan kota Tenggarong dari menara setinggi 78 meter. Menara tersebut bisa berputar perlahan-lahan, sehingga para pengunjung bisa melihat seluruh pulau.

TIKET MASUK

Untuk memasuki Pulau Kumala, Anda akan dikenai biaya sekitar Rp2.000/orang. Sangat murah, bukan untuk menikmati keragaman yang ada di dalamnya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pulau Kumala berada di Kalimantan Timur atau lebih tepatnya di Kutai Kartanegara kota Tenggarong, terletak di  tengah Sungai Mahakam. Untuk mencapai kota Tenggarong, Anda bisa berangkat dari Samarinda. Jadi, Anda dapat menggunakan pesawat lokal dari Bandara Sepinggan Balikpapan, ke Samarinda atau naik taksi dengan tarif sekitar Rp200.000-Rp350.000,-. Berikutnya Anda bisa menggunakan perahu motor atau ketinting ke Pulau Kumala di dermaga yang ada di Jalan Diponegoro. Perjalanan yang Anda lakukan memakan waktu kurang lebih 5 menit untuk mencapai pulau ini dengan ongkos sekitar Rp4.000-Rp20.000.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Terdapat toko yang menjual beraneka souvenir tradisional dan juga kaos serta pernak-pernik lainnya dengan harga yang bervariasi. Terdapat juga kios makanan yang menjual aneka menu, seperti nasi rames dan bakso. Selain itu, Anda bisa menyewa mobil wisata yang bisa digunakan untuk berkeliling di sekitar pulau. Harga sewa mobil wisata ini mulai dari Rp3.000-Rp20.000 tergantung banyaknya penumpang yang ada menyewanya. Ada pula Lamin Beyoq, Lamin Mancong, Lamin Wahau, komedi putar, patung Lembuswana, kolam air mancur, danau pesut dan lain-lain.

Kalau Anda ingin menginap, pengelola taman menyediakan pondok yang sudah lengkap dengan fasilitas kolam renang dan katering. Jika Anda berniat menginap di sini, silahkan pesan satu minggu sebelumnya agar pihak manajemen bisa membuat persiapan yang tepat. Untuk pemesanan, silahkan hubungi 0541-7069945.

Itulah tadi wisata di Pulau Kumala yang bisa Anda jadikan referensi untuk berlibur bersama keluarga. Semoga Anda puas dengan informasi di atas. Sampai jumpa di destinasi berikutnya, selamat berlibur dan salam ransel untuk para petualang negeri ini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY