Pulau Moyo – Temukan ketenangan liburan di Pulau Moyo

0
573

Pulau Moyo – Pulau Moyo merupakan pulau yang terletak diantara pulau sumbawa dan Nusa Tenggara timur (NTT). Pulau dengan luas 350 km persegi ini telah dijadikan taman wisata laut sejak tahun 1986 dibawah pengendalian Badan Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat.

Keunggulan berlibur ke Pulau Moyo

Keindahan Pulau Moyo tidak perlu diragukan lagi, setiap tahun jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat ini kian bertambah bahkan mendiang lady diana dan pangeran william pernah menghabiskan waktu liburan mereka di pulau ini. Selain indah, pulau ini juga masih tergolong sepi dan asri, sehingga akan memberikan ketenangan tersendiri bagi liburan anda.
Pesona lain dari pulau ini adalah sejumlah tempat wisata yang berdekatan, seperti Tanjung Pasir, Air Manis, Air Terjun Mata Jitu, Poto Jarum, Spot – Spot Diving, Brang Sedo dan Takat.

Transportasi

Jarak yang jauh menjadi kendala berlibur ke pulau ini. Untuk mencapai pulau ini anda bisa menggunakan jalur udara maupun darat.
Perjalanan melalui darat akan memakan waktu kurang lebih 6 jam dari kota mataram. Dengan rute mataram – pelabuhan kahyangan lombok ( 2 jam perjalanan). Dari pelabuhan kahyangan anda harus menyebrang menuju pelabuhan poto nano sumbawa barat (1-2 jam perjalanan). Sesampainya di poto nano, perjalanan harus dilanjutkan kembali menuju sumbawa besar ( 2 jam perjalanan).

Pilihan kedua menawarkan jalur udara dengan rute mataram – sumbawa besar. Maskapai yang melayani rute ini adalah maskapai Merpati Nusa dan Trans Nusa. Merpati Nusa terbang pada hari selesa, jumat, dan minggu. Sedangkan Trans Nusa terbang satu kali dalam sehari.
Baik jalur darat maupun udara akan berakhir di sumbawa besar. Selanjutnya untuk sampai di Pulau Moyo anda harus menyebrang memalui pelabuhan muara kali. Transportasi yang bisa digunakan adalah kapal motor milik rakyat yang berangkat pukul 9.00 dan kembali lagi ke sumbawa besar pada pukul 11.30 dengan tarif Rp. 20 ribu hingga Rp. 25 ribu per orang.
Karena kapal motor sumbawa besar-Pulau Moyo hanya beroprasi sekali dalam sehari maka, anda harus menginap di Pulau Moyo. Jika tidak ingin menginap anda bisa menyewa perahu motor milik nelayan dengan harga Rp. 400 ribu hingga Rp. 600 ribu.

Menyebrang menggunakan kapal motor akan memakan waktu sekitar 2 jam, jika anda ingin sampai di Pulau Moyo dengan cepat, anda bisa menyewa spead boat milik swasta dengan harga sewa 3 juta untuk sekali pulang pergi.

Tips wisata

Jika anda ingin berkunjung pada bulan ini, sebaiknya hindari berpergian antara bulan Desember – April. Karena pada blan tersebut air laut sedang pasang dan ombak juga lumayan besar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY