Pulau Tikus, Si Kecil Penuh Pesona

0
631

Pulau Tikus, Si Kecil Penuh Pesona – Memang benar jika pulau tikus kecil, sesuai dengan namanya, tikus yaitu hewan kecil yang imut. Pulau ini merupakan wisata bahari andalan yang ada di Bengkulu. Luas pulau karang kecil ini hanya sekitar 2 hektar namun keindahan serta potensi wisatanya jangan diragukan lagi. Silahkan saja membuktikan sendiri ke pulau tersebut.

KEINDAHAN PULAU TIKUS

Pulau tikus ternyata menyimpan keindahan yang menjadikannya sebagai daya tarik wisatawan. Airnya yang jernih dan menyimpan berbagai pesona batu karang indah membuat para pengunjung tak henti-hentinya meleparkan pandangan ke arahnya. Tentu saja jika Anda menyelam bisa menyaksikan ikan laut berwarna warni dan keragaman biota laut lainnya. Pulau yang dikelilingi banyak karang ini memang kaya akan sumber daya hayati.

KERAGAMAN LAINNYA

Pulau kecil ini memiliki garis pantai dengan pasir putih yang mengagumkan. Di kawasan ini, selain Anda bisa menemukan penyu, juga terdapat ekosistem karang serta biota laut. Karang tersebut antara lain jenisnya, fungia, sarcophiton, poriter dan lain sebagainya. Terdapat pula habitat burung dan flora yang menawan seperti burung bangau hitam, burung dara laut, tumbuhan ketapang, kelapa dan waru.

FAKTA PULAU

Pulau ini dulunya adalah tempat kapal-kapal berlabuh dan berlindung dari badai ombak laut Samudera Hindia. Terdapat mercusuar yang masih berdiri tegak di pulau ini. Terumbu karang yang ada di pulau ini dapat melindungi pulau dari abrasi. Namun, semakin berkurang akibat mengalami degradasi karena beberapa faktor.

KEGIATAN DI PULAU

Pulau kecil di Bengkulu ini selain memberikan keindahan juga memiliki potensi wisata yang menyenangkan dan beragam. Lokasinya terbilang aman untuk para wisatawan yang ingin berenang serta melakukan penyelaman. Buat Anda yang hobi memancing, bisa Anda lakukan hobi tersebut disini. Mencari-cari ikan yang penuh warna dan indah sedang berenang lincah di antara terumbu karang. Pulau ini merupakan tempat bertelur penyu hijau dan penyu sisih pada saat malam hari. Kalau Anda beruntung, Anda bisa melihat hewan tersebut bertelur dengan gemasnya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pulau Tikus berada di sebelah barat Kota Bengkulu dengan jarak kurang lebih 10 km. Pulau tersebut terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Lama perjalanan untuk menuju ke lokasi dengan menggunakan kapal nelayan dari Pantai Tapak Padri adalah sekitar 1 jam. Sedangkan bila memakai speedboat, hanya memakan waktu 40-50 menit saja dari Pelabuhan Baai. Untuk menyewa kedua alat transportasi laut tersebut, Anda sudah pasti dikenai ongkos. Siapkan saja sekitar Rp30.000-Rp100.000 untuk sekali jalan.

Itulah tadi referensi dari Pulau Tikus, Bengkulu. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari-cari harus kemana liburan kali ini. Baiklah, sampai jumpa di destinasi berikutnya. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY