Puncak Pahyangan Tangkuban Perahu Yang Menawan

0
668

Puncak Pahyangan Tangkuban Perahu Yang Menawan – Gunung Tangkuban perahu merupakan objek wisata yang ada di Jawa Barat. Gunung yang bentuknya mirip dengan kapal terbalik ini sangat erat kaitannya dengan cerita rakyat Jawa Barat. Anda bisa melihat kawah yang ada di gunung tersebut serta pemandangan di sekitarnya yang masih alami.

SEJARAH

Ketika Anda di sekolah dasar, pasti pernah mendengar tentang legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Sangkuriang adalah anak dari Dayang Sumbi yang getol ingin menikahi ibunya tersebut. Namun, karena Dayang Sumbi tahu bahwa Sangkuriang anaknya, ia memberikan permintaan yang mungkin tidak sanggup dipenuhi oleh si anak, yaitu membuat perahu. Namun, karena kemudian Sangkuriang gagal serta kehabisan waktu, ia menendang perahu yang telah dibuatnya yang kini menjadi tangkuban perahu atau perahu terbalik.

PEMANDANGAN

Terdapat kawah besar yang ada di gunung, yang merupakan pemandangan menawan dan dapat dijelajahi. Anda bisa menjelajahi kawah tersebut sekitar 2 jam. Gas sulfurnya masih keluar dari kawah meskipun sudah tidak aktif. Pemandangan lain, yaitu kota Bandung yang luas terhampar di depan sana. Begitu indahnya sampai Anda bingung untuk berkata apa. Anda pun bisa mendaki ke tepian kawah untuk melihat mata air panas dari dekat dan merebus telur di permukaannya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Kompleks Tangkuban Perahu terletak di kota Lembang yang berbatasan langsung dengan Ciater Subang. Objek wisata ini mudah sekali untuk diakses. Anda dapat menuju kesana menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Lewati saja rute Bandung-Lembang-Ciater kemudian Anda tinggal mengikuti Jalan Setiabudi menuju Lembang serta belok kanan ke arah Subang dari bunderan Lembang. Terdapat rambu informasi di sepanjang jalan yang akan memandu Anda. Juga, Anda bisa menggunakan GPS.

Atau bila Anda tidak membawa kendaraan pribadi, kendaraan umum menjadi salah satu alternatifnya. Naik angkutan dari Stasiun Hall-Lembang kemudian berhenti di terminal Lembang. Lanjutkan perjalanan dengan angkutan umum atau ojek dengan jurusan Lembang-Cikole. Dari situ Anda akan menemukan jalan masuk ke Tangkuban Perahu di kiri jalan setelah hutan pinus Cikole. Ongkos untuk angkutan umum yang Anda gunakan sekitar Rp10.000-Rp30.000,-.

TIKET MASUK

Untuk masuk di areal Tangkuban Perahu, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp20.000 untuk hari biasa dan Rp30.000 untuk hari libur. Berbeda dengan pengunjung dari mancanegara yang harus membayar Rp200.000-Rp300.000 untuk masuk di areal wisata ini. Harga tersebut relatif mahal, tapi untuk mendapatkan pemandangan indah yang belum pernah dilihat sebelumnya tidak berarti apa-apa.

FASILITAS

Di sekitar area tersebut, terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut antara lain yaitu tempat parkir yang lumayan luas dan dekat dengan lokasi serta masjid dan kamar kecil untuk menunjang liburan Anda. Terdapat pula penjual makanan dan minuman untuk Anda yang lupa membawa bekal.

Terima kasih sudah membaca referensi dari wisata Tangkuban Perahu. Semoga bermanfaat untuk Anda dan teman-teman yang akan kesana. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY