Pura Batu Bolong – Objek Wisata Keluarga di NTB

0
841

Pura Batu Bolong – Objek Wisata Keluarga di NTB – Pura Batu Bolong serta Tradisinya. Jika Anda mencari objek wisata keluarga di NTB, Pura Batu Bolong adalah salah satunya. Pura Batu Bolong berdiri di atas batu hitam dekat Pantai Senggigi, Batu Layar, Lombok Barat. Tidak lengkap perjalanan wisata Anda jika tak mengunjungi Pantai Senggigi yang memiliki pesona alam yang begitu mempesona. Sesuai dengan namanya, Pura Batu Bolong memang terletak di atas batu hitam yang ada di Pantai Senggigi, batu yang memiliki lubang di tengah. Posisi batu tersebut menjorok ke laut. Pura Batu Bolong biasa digunakan sebagai tempat ibadah oleh umat Hindu di Lombok.

Pura Batu Bolong memiliki pesona yang menjadi daya tarik wisata. Lokasi ini bisa jadi salah satu objek wisata keluarga di NTB yang tak bisa dilewatkan. Karena jika kita berdiri di dekat Pura Batu Bolong tersebut kita akan dapat menikmati keindahan Selat Lombok dan Gunung Agung. Percikan ombak yang menerjang batu dan tiupan angin yang begitu menyejukkan setiap wisatawan yang hadir di sana.

Aktivitas

Di Pura Batu Bolong tak hanya suasana religi sebagai tempat suci umat Hindu, namun juga menjadi salah satu objek wisata keluarga di NTB yang patut dikunjungi. Sebab lokasi tersebut juga bisa menjadi lokasi yang indah untuk Anda sekeluarga untuk berfoto dengan latar belakang pura dan laut dengan ombaknya yang kadang menyembur ke atas akibat berbenturan dengan batu. Terlebih bila Anda bersama keluarga datang ke Pura Batu Bolong ketika petang. Anda akan dapat menyaksikan sunset dan pemandangan langit yang begitu menakjubkan. Tentu Anda bisa mengabadikan moment tersebut melalui jepretan kamera.

Yang menarik lagi, jika Anda berkunjung ke Pura Batu Bolong ketika lebaran. Pada saat lebaran, umat muslim di Lombok akan membanjiri pantai di depan Pura Batu Bolong. Mereka bersama menikmati opor ayam, kue beras, ayam taliwang secara beramai-ramai. Dari kegiatan itulah tak terlihat perbedaan antara umat Hindu maupun Muslim. Terjadi pembauran antara mereka, akur, dan nampak keharmonisan antar kedua pemeluk agama tersebut.

Tiket Masuk

Jika akan memasuki Pura Batu Bolong ada beberapa hal yang harus ditaati. Anda harus mengenakan selendang atau kain warna kuning yang diikatkan di pinggang, jika tak memiliki Anda bisa menyewa di sana karena telah disediakan. Harga sewa kain tersebut Rp 5.000,-. Ketika memasuki pura diwajibkan menjaga kelestarian wilayah pura. Bagi wanita yang berhalangan dilarang memasuki pura.

Transportasi dan Akomodasi

Akomodasi Pura Batu Bolong, Pantai Senggigi. Ketika Anda menjadikan tempat ini sebagai objek wisata keluarga di NTB, tak perlu khawatirkan masalah fasilitas dan akomodasi. Sebab lokasi Pura Batu Bolong berada sekompleks dengan Pantai Senggigi. Di daerah tersebut telah banyak penginapan, restoran atau rumah makan, toko-toko cinderamata, tempat parker kendaraan, dan beberapa fasilitas umum seperti toilet. Untuk harga tiket masuk ke Pura Batu Bolong dikenakan Rp 10.000,- per pengunjung. Akses menuju Pura Batu Bolong sangat mudah, karena letaknya yang hanya berjarak 12 km dari Kota Mataram. Bisa ditempuh dengan angkutan umum, mobil pribadi, bahkan juga ojek.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY