Review Kota Tua Jakarta Yang Bersejarah

0
1631

Review Kota Tua Jakarta Yang Bersejarah – Kota Tua Jakarta dalam sejarahnya merupakan pusat perdagangan di kawasan Asia karena letaknya yang strategis. Saat ini, gedung tua yang ada di kota Tua tersebut menjadi tempat favorit bagi wisatawan. Terdapat Museum Fatahillah yang menjadi ikon Kota Tua tersebut. Pada hari tertentu, terutama akhir pekan, lokasi ini akan ramai pengunjung dan pedagang.

KELEBIHAN

Terdapat berbagai sarana transportasi untuk menuju ke Kota Tua ini, seperti angkutan kota, Transjakarta dan kereta. Karena tempatnya yang sangat strategis, sehingga pengunjung mudah untuk mengaksesnya. Apalagi untuk masuk ke tempat wisata atau museum bersejarah yang ada di Kota Tua tidaklah mahal. Kemudahan bagi pelajar dan mahasiswa yang memiliki identitas adalah hanya membayar beberapa ribu rupiah saja.

KEKURANGAN

Pedagang yang jumlahnya terus bertambah membuat kurangnya penataan tempat di objek wisata ini. Hal ini membuat halaman museum semakin sesak dan mengganggu wisatawan yang ingin menikmati berwisata di tempat tersebut. Kurangnya tertib para pedagang juga didukung dengan banyaknya pengamen serta pengemis. Tidak hanya itu, jumlah mereka yang banyak dan setiap kali mengganggu pengunjung yang sedang bersantai membuat mereka terganggu. Kekurangan lainnya, yaitu tempat ini sangat kotor. Kurangnya petugas kebersihan dan tempat sampah membuat Kota Tua Jakarta menjadi kumuh. Hanya kesadaran diri yang bisa mengubah itu semua.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Kawasan objek wisata ini bisa diakses dengan berbagai alternatif kendaraan, seperti kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Untuk yang pertama disarankan pada hari Sabtu dan Minggu, karena saat hari kerja kondisi jalannya macet. Untuk pilihan yang kedua, Anda bisa menggunakan Transjakarta dari Blok-M koridor 1 kemudian turun di akhir terminal kota. Lanjutkan berjalan kaki menuju kawasan Kota Tua. Bus Patas 79 dari Rambutan-Kota. Mikrolet M-12 dari Pasar Senen-Kota, Mikrolet M-08 dari Tanah Abang-Kota atau Kopaja 86 dari Grogol-Kota. Ongkosnya sendiri mulai dari Rp3.000-Rp7.000,-.

JADWAL BUKA

Jadwal buka museum di Kota Tua sebagai berikut, yaitu: Selasa, Rabu, Kamis, dan Minggu pukul 08.30-14.30, Jumat dari pukul 08.30-11.30, Sabtu pukul 08.30-13.30 dan Minggu pukul 08.30-14.30. Hari Senin dan hari libur Nasional tutup.

Itulah tadi sedikit review Kota Tua Jakarta yang dapat Anda jadikan referensi untuk berkunjung ke sana. Sampai jumpa dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY