Review Wisata Pantai Parangtritis Yang Penuh Kesan Mistis

0
717

Review Wisata Pantai Parangtritis Yang Penuh Kesan Mistis – Pantai yang dikenal memiliki aura mistis ini memiliki tebing batu yang menjulang tinggi dan berdiri secara dramatis di tepi pantainya. Pantai ini juga dipenuhi pasir vulkanik hitam yang berkilauan di bawah sinar matahari. Di tempat yang sangat nyaman ini, Anda bisa mendengarkan gemuruh ombak yang amat besar dengan air laut yang menyentuh kaki Anda. Udara yang sejuk serasa membelai kulit untuk terus menyisiri pesisirnya.

MENARIK

Yang membuat Parangtritis terlihat indah bukan hanya dari segi pemandangannya saja, namun juga menjadi tempat suci atau keramat. Karena menurut legenda, ketika Anda berkunjung ke sini, Anda sedang memasuki kediaman Kanjeng Ratu Kidul dari Pantai Selatan yang dikenal dengan pakaiannya yang berwarna hijau. Untuk itulah, kenapa Anda dilarang untuk mengenakan pakaian berwarna hijau ketika ke sini, karena beliau akan murka.

Penduduk sekitar pun menghormati kekuatan yang dimiliki Ratu Kidul tersebut. Bahkan setiap tahunnya di Parangkusumo, 1 km barat Parangtritis, Sultan Yogya membuat upacara persembahan kepada Sang Ratu. Orang Jawa lainnya juga memberikan persembahan ketika mereka sedang memerlukan bantuan atau bimbingan darinya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pantai Parangtritis terletak 28 km dari Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi, cara termudahnya adalah dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dari Yogyakarta. Cara untuk mencapainya sendiri bisa dari desa Kretek atau Imogiri dan desa Siluk. Ongkos transportasi yang Anda gunakan sekitar Rp3.000-Rp20.000,-.

FASILITAS

Anda bisa bersantai di gubug yang berjajar di pinggir pantai. Di dekat pantai juga tedapat sumber air panas Parangwedang. Dengan harga yang terjangkau Anda bisa berendam di sana selama 15 menit serta menikmati manfaatya bagi kesehatan Anda. Ketika sudah sampai di sini, jangan lupa untuk naik ke Tebing Gembirawati yang ada di belakang pantai ini. Anda dapat melihat seluruh area pantai hingga ke batas cakrawala.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN

Objek wisata, di manapun daerahnya pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Tak terkecuali dengan Parangtritis yang memiliki Kelebihan mudah dicapai transportasi umum dan memiliki gugusan karang yang indah. Kisahnya yang supranatural membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Namun, banyaknya sampah yang merusak menjadi Kekurangan dari pantai tersebut. Selain itu, banyaknya pedagang kaki lima dan aktifitas yang dilakukan para PSK dan lelaki hidung belang membuat pantai ini menjadi kurang menarik dan ironi dengan kelebihan yang dimiliki.

Seharusnya para pengelola pantai Parangtritis lebih aktif untuk membersikan sampah, menertibkan pedagang dan membuat serta menegakkan peraturan supaya pengunjung dan pedagang tidak mengotori lokasi wisata ini. Selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY