Review Pantai Swarangan Yang Tak Terlupakan

0
6801

Review Pantai Swarangan Yang Tak Terlupakan – Pantai ini memang tidak seindah pantai yang ada di Bali maupun Pulau Lombok. Namun, pemandangan yang disuguhkan cukup untuk menghabiskan liburan Anda. Pantai ini memiliki pasir pantai yang berwarna kecoklatan serta landai, namun cukup bersih dan dihiasi pohon bakau, pinus serta semak-semak di tepi pantainya. Air lautnya juga jernih serta menjadi daya tarik utama pantai ini.

FASILITAS

Terdapat tempat peristirahatan berupa gazebo di sekitar pantai. Toilet yang berupa bilik juga terdapat di pantai itu. Pedagang yang menjajakan dagangannya akan terlihat di hari libur saja, pada hari biasa pantai tersebut lumayan sepi.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pantai Swarangan terletak di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Jaraknya dari Kota Banjarmasin sekitar 117 km dan bisa ditempuh selama 3-4 jam. Dari ibukota kabupaten Tanah Laut sendiri jaraknya sekitar 52 km. Jalan untuk menuju ke pantai ini memang cukup mudah, hanya saja kondisi jalan di 10 km menuju lokasi sedikit rusak dan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Untuk Anda yang berkunjung ke sini, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dengan tarif sekitar Rp300.000 saja. Sebab, hal tersebut akan memudahkan perjalanan Anda daripada naik angkutan umum atau ojek.

TIKET MASUK

Untuk memasuki pantai ini, Anda harus membayar Rp30.000/mobil. Cukup mahal memang untuk ukuran wisata pantai. Namun, Anda bisa menikmati kegiatan dengan puas di Swarangan.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN

Pantai ini memang menjadi objek wisata yang cukup banyak dikunjungi warga Banjarmasin. Akan tetapi, pantai Swarangan memiliki kekurangan dalam hal kebersihan. Pantai tersebut terkesan tidak terawat dan juga minim sarana seperti toilet, mushola dan fasilitas lainnya. Memang terdapat gazebo untuk bersantai, akan tetapi kondisinya seadanya saja. Jarang ada pedagang yang menjajakan makanannya di sana.

Walaupun begitu, banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini, termasuk menikmati pemandangan tumbuhan bakau yang asri dan menyejukkan atau melihat sarana panggung hiburan, surfing, berenang dan berjalan-jalan. Lokasinya yang pada hari biasa sepi sangat cocok untuk Anda yang mencari kedamaian hati.

Harapannya adalah semoga pemerintah setempat lebih memperhatikan pantai ini, memolesnya dengan menambahkan sarana serta fasilitas menarik supaya kelak pengunjungnya semakin banyak. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY