Review Wisata Air Terjun Curug Cikaso

0
819

Review Wisata Air Terjun Curug Cikaso – Air terjun yang bernama asli Curug Luhur ini terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dinamakan Cikaso karena air yang mengalir di air terjun ini bersumber dari sungai Cikaso. Terdapat tiga titik air terjun yang berdampingan, dengan kolam berwarna hijau kebiru-biruan di bawahnya. Ketiga titik air terjun ini berada dalam satu tempat, namun dengan nama yang berbeda, yaitu Curug Asepan, Curug Meong dan Curug Aki. Ketiganya tersembunyi di balik tebing. Keistimewaan yang diciptakan akan terlihat bila Anda berkunjung di pagi hari.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Air terjun Curug Cikaso terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Jaraknya kurng lebih 100 km dari Kota Sukabumi. Untuk menuju ke lokasi, Anda dapat menggunakan baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pilihan pertama dapat Anda gunakan dengan berangkat dari Surade-Pertigaan Jalan Cikaso sekitar 30 menit.

Bila naik angkutan umum, Anda bisa berangkat dari Surade dengan tujuan Cikaso dan turun di Jalan Raya Cikaso. Ongkos transportasi umum tersebut sekitar Rp5.000-Rp7.000,-. Dari jalan ini, Anda harus berjalan kaki melewati pematang sawah dan ladang penduduk sekitar 2 km. Anda pun bisa menumpang pada truk pasir yang sering lewat di lokasi tersebut. Atau Anda ingin menggunakan kendaraan sungai? Sewa saja sampan untuk menyusuri sungai Cikaso dengan tarif Rp80.000,-. Baru ketika sampai di darat Anda harus berjalan sekitar 100 meter ke lokasi.

TIKET

Untuk memasuki lokasi air terjun, Anda akan dikenai biaya sekitar Rp2.000,- saja.

FASILITAS

Objek wisata ini menyediakan penyewaan ban sebagai pelampung bagi Anda yang belum mahir berenang. Terdapat pula kios yang menjual souvenir dan juga warung makan di sekitarnya. Tenang saja, di lokasi sudah tersedia toilet untuk Anda yang berganti pakaian sehabis berenang. Fasilitas lain, yaitu penyewaan sampan untuk menyusuri sungai Cikaso. Harga sewanya sekitar Rp80.000 dan bisa menampung 10-12 orang.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Setiap objek wisata pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, termasuk Air Terjun Curug Cikaso ini. Kelebihan air terjun ini sudah disebutkan di awal, yaitu memiliki 3 titik air terjun dengan panorama menarik. Kelebihan lainnya, yaitu konon menurut masyarakat setempat jika pengunjung mandi di sana, akan sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki usaha. Bisa dikatakan usahanya akan laris dan sebagainya.

Sedangkan kekurangannya adalah tidak adanya fasilitas keamanan serta perhatian untuk wisata-wisata lainnya yang ada di sekitar air terjun tersebut. Wajar saja, karena biaya masuknya hanya sekitar Rp2.000. Tergolong murah untuk fasilitas yang bisa dibilang wah itu.

Demikianlah review wisata dari Curug Cikaso. Semoga bermanfaat untuk Anda. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY