Rumoh Cut Nyak Meutia, Pahlawan Kita

0
580

Rumoh Cut Nyak Meutia, Pahlawan Kita – Rumah yang diberi nama Rumoh Cut Nyak Meutia ini adalah rumah asli pahlawan wanita tersebut. Cut Nyak Meutia bersama Cut Nyak Dhien berjuang melawan Belanda. Dari rumah inilah beliau mengatur segala strategi dan menempatinya sebelum kemudian gugur dalam pertempuran. Rumah ini sudah beberapa kali direnovasi, namum tetap mempertahankan keasliannya.

SEJARAH

Cut Nyak Meutia seorang pahlawan nasional wanita dari Aceh Utara. Beliau memimpin perjuangan melawan penjajahan Belanda Selama 20 tahun. Dari rumahnya, beliau aktif mengatur strategi peperangan melawan penjajah. Beliau berjuang mati-matian dan bekerja keras untuk mengusir penjajah. Namun, sayang, pada akhirnya beliau wafat oleh serdadu Belanda ditembak  pada tahun 1910. Beliau dimakamkan di Desa Buket Panyang yang cukup jauh dari rumahnya.

MEMASUKI RUMOH CUT MEUTIA

Rumah tersebut mirip seperti halnya rumah panggung. Untuk bisa memasukinya, Anda perlu menaiki tangga pertama kalinya. Rumah tersebut terdiri atas dua kamar yang salah satunya merupakan milik pejuang itu. Di dalamnya terdapat gambar dan foto Cut Nyak Meutia serta barang-barang peninggalannya. Walaupun belum lengkap, karena yang ada hanya foto dan perabot.

Di sekeliling rumah beratap rumbai, ada Kroeng di gunakan untuk menyimpan padi gunanya. Jumlahnya tiga buah dan berada di sisi kanan halaman. Ada pula Jeungki (alat penumbuk padi).Di sebelah jungki terdapat pondokan kecil, tempat melihat pemandangan sambil bersantai. Ada pula prasasti dan monumen di pekarangan sekeliling rumah. Di depan rumah juga ada kolam ikan yang biasa digunakan beliau untuk memancing.

BERSILATURAHMI DI RUMOH CUT MEUTIA

Rumoh ini selalu ramai didatangi pengunjung. Pengunjung yang datang dari berbagai wilayah ini dari berbagai kalangan pula. Ada anak-anak, remaja, orang dewasa dan para orang tua. Mereka datang dengan tujuan masing-masing. Ada yang hanya sekedar berkunjung dan melihat-lihat, ada pula yang ingin melihat peninggalan sejarah yang ada di rumoh tersebut. Bahkan ketika lebaran datang, masyarakat berbondong-bondong datang untuk bersilaturahmi ke rumah pahlawan wanita nasional tersebut.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Rumoh Cut Nyak Meutia berada di Desa Mesjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara. Jaraknya sekitar 3 km dari desa Matangkuli. Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Lokasinya sekitar 36 km dari kota Lhokseumawe. Perjalanan yang ditempuh dari kota tersebut sekitar 1-1 ½ jam. Kalau Anda menggunakan kendaraan umum, bisa dari terminal yang ada di kota Lhokseumawe untuk naik bus. Lalu kalau sudah sampai di Matangkuli, Anda bisa meneruskan perjalanan dengan labi-labi. Total biaya perjalanan untuk kedua kendaraan umum tersebut sekitar Rp. 10.000-Rp20.000.

Itulah sejarah, kenangan yang selalu terselip dalam benak kita, warga yang menikmati apa yang mereka korbankan. Anda harus menghargai apapun yang mereka lakukan demi generasi masa depan. Lewat sejarah, segalanya akan berakhir dengan indah. Selamat berwisata dan salam ransel.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY