Rumoh Tengku Di Awe Geutah

0
1073

Rumoh Tengku Di Awe Geutah – Tengku Chik Abdurrahim adalah salah satu ulama yang terkenal di Bireuen. Beliau meninggalkan sebuah warisan, yaitu Rumah Tengku Di Awe Geutah. Rumah peninggalan ulama Kharismatik ini diperkirakan telah dibangun 500 tahun silam. Berbagai hal menarik ada di dalam rumoh ini. Anda penasaran? Simak kelanjutannya.

SEJARAH

Kisah ini bermula di abad ke-13 ketika Abdul Rahim bersama rombongannya mencari tempat persinggahan yang cocok untuk menyebarkan agama islam. Setelah berhijrah ke beberapa tempat, namun belum ada yang cocok, rombongan pun mulai terpecah menjadi beberapa kelompok dan ada yang tidak ikut melanjutkan hijrah. Abdul Rahim kemudian menemukan suatu tempat yang bercahaya. Setelah menuju tempat tersebut ternyata adalah hutan belantara. Para rombongan membersihkan dan menebangi pohon-pohon yang ada. Barulah dibangun pemukiman dengan nama Awe Geutah.

BERWISATA

Berwisata di Rumoh Tgk. Di Awe Geutah ini memang sangat menarik. Salah satu objek wisata bersejarah ini sekarang yang paling banyak disinggahi wisatawan. Rumoh Tgk. Di Awe Geutah ini memiliki keunikan dari segi ukiran-ukiran yang ada. Barang-barang di dalamnya pun sangat antik dan menarik. Masuk ke dalamnya memberikan efek tersendiri. Anda juga dipandu oleh pemandu yang menerangkan sejarah tentang rumoh ini. Jika ingin bertanya, silahkan ajukan pertanyaan Anda. Beliau akan menjawabnya.

Dulu banyak orang yang berwisata ke tempat ini dengan tujuan sekedar melihat-lihat karena bangunannya yang antik. Namun, berkat ada suatu penemuan, tempat wisata ini jadi ramai pengunjung.

SUMUR SEMEDI

Pada tahun 90-an, ada berita heboh dari tempat ini. Air yang berasal dari salah satu sumur di tempat tersebut bisa menjadi obat berbagai penyakit setelah dimanterai dukun cilik semacam Ponari. Oleh karena itulah, orang berbondong-bondong mendatangi tempat ini untuk mengobati penyakit dan segala keluhannya. Hal ini membuat Rumoh Tgk. Di Awe Geutah menjadi salah satu wisata sejarah yang ramai dikunjungi

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Tempat ini berlokasi di dekat pusat kota Bireuen. Tepatnya sekitar 9 km dari pusat kota tersebut. Begitu dekatnya, membuat perjalanan menuju ke lokasi menjadi gampang. Anda bisa menggunakan angkutan umum, becak motor ataupun ojek untuk ke sana. Dengan ongkos Rp5.000-Rp15.000 Anda sudah bisa sampai ke lokasi.

HOTEL

Ketika sudah selesai berwisata di Rumoh Tgk. Di Awe Geutah, Anda bisa mengistirahatkan badan di hotel-hotel terdekat. Seperti Losmen Fajar yang berlokasi di Jln. H.Mayor Abdullah Yacob Pulo Ara No.47 Bireuen. Di sana Anda akan dimanjakan dengan fasilitas yang menarik. Dengan harga kamar yang lumayan murah, sekitar Rp300.000-Rp750.000,-.

Sejarah adalah untuk dikenang, bukan dilupakan begitu saja. Karena lewat sejarah, kita bisa berkembang seperti saat ini. Oleh karena itulah, hargai apa saja yang dilakukan oleh nenek moyang kita. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY